4/20/2021

KEYAKINAN AMR BIN AL JAMUH UNTUK MERAIH SURGA Teladan dari Sahabat Nabi yang Disabilitas

Allah Subhanahu Wa Ta'ala menciptakan manusia dalam sebaik-baik bentuk dalam Alquran Surat Attin ayat 4 Allah telah berfirman laqod kholaqnal insaana fii ahsani taqwiim Sesungguhnya kami Allah menciptakan manusia dalam sebaik-baik bentuk.


 

Allah Subhanahu Wa Ta'ala menciptakan manusia dalam wujud yang paling sempurna. Wujud manusia terdiri dari jasmani dan rohani. Jasmani manusia adalah hal-hal yang Nampak, hal-hal yang kelihatan seperti manusia mempunyai tangan, kaki, kepala, hidung dan semua organ tubuh manusia adalah sempurna. Walaupun manusia makhluk yang berjalan dengan dua kaki tetapi manusia kecepatannya bisa melebihi dari kecepatan hewan kijang atau harimau. Manusia tidak mempunyai sayap tetapi manusia juga bisa terbang bahkan bisa menembus ruang angkasa. Manusia tidak mempunyai insang tetapi manusia juga mampu menyelam, manusia tidak memiliki organ apung seperti katak tetapi manusia juga mampu berlayar di tengah Samudra. Bahkan mampu bertahan di atas badai lautan yang demikian kuatnya, mengapa demikian? 

Karena manusia diciptakan oleh Allah dalam wujud yang paling sempurna, dengan akal dan hatinya manusia bisa menciptakan hasil cipta rasa dan karsa yang melebihi makhluk-makhluk lainnya. Karena itu jasmani dan rohani manusia adalah menjadi satu kesatuan, berimbang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tetapi disamping itu manusia yang diciptakan oleh Allah dalam wujud yang paling sempurna tetapi ternyata ada ada beberapa orang yang mempunyai keterbatasan atau disabilitas. 

Pada zaman nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, ada salah seorang sahabat yang bernama Amr bin Al-Jamuh di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Hibban, bahwa Amr bin Al Jamuh adalah seorang sahabat yang disabilitas yaitu kakinya pincang. Sehingga dalam setiap aktivitas tentu saja mengalami keterbatasan. Salah satunya adalah Amr bin Al-Jamuh, dia mempunyai empat orang anak yang tentu saja menjadi buah hati dan kesayangan serta kebanggaan bagi orang tuanya. Demikian juga anak-anaknya juga sangat menyayangi kepada orang tuanya, sehingga ketika suatu saat Amr bin Al-Jamuh mempunyai suatu keinginan agar bisa menginjakkan kakinya ke surga, maka salah satu upayanya adalah meninggal dalam kondisi syahid. 

Karena itu suatu saat, beliau menyampaikan hasratnya kepada anak-anaknya agar bisa ikut berperang bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Tetapi apa kata anak-anaknya? Tentu saja anak-anaknya tidak memperkenankan pada ayahnya untuk ikut berperang. Karena perang membutuhkan ketrampilan, kecakapan dan ketangkasan, sedang kakinya pincang tentu saja mengurangi aktifitas dan ketangkasan. Demikian pula ketika berperang itu hanya ada dua pilihan membunuh atau terbunuh, gugur atau selamat. Kalau gugur tentu saja dia akan termasuk dalam kategori orang yang mati syahid, jaminan bagi orang yang ikut perang Sabilillah bersama Rasulullah akan masuk ke dalam surga-Nya Allah subhanahu wa ta'ala namun tidak bisa bertemu lagi dengan keluarganya. Tetapi apabila dia itu diberikan pertolongan, sehingga bisa selamat maka dia akan kembali kepada keluarganya kembali. 

Karena itu melihat kondisi orang tuanya yang kakinya pincang, padahal orang berperang akan berhadapan dengan pasukan yang demikian kuatnya, kadang beringas yang siap untuk melibas musuh-musuhnya. Dengan kondisi demikian sangat dimungkinkan ayahnya akan gugur. Maka dari itu anak-anaknya melarang orang tuanya untuk ikut berperang. Dengan jawaban anak-anaknya tersebut maka Amr bin Al Jamuh selanjutnya mengadu kepada Rasulullah, “wahai Rasul sesungguhnya anak-anakku ingin menahanku untuk keluar bersamamu pada perang uhud ini, padahal demi Allah aku benar-benar ingin kakiku yang pincang ini dapat menginjak ke surga”. 

Nabi Muhammad SAW merespon aduan Amar bin Al Jamuh tersebut, dengan jawaban yang berbeda dengan anak-anaknya. Kepada Amr nabi mengatakan bahwa Allah sudah memaafkannya sehingga ia tidak memiliki kewajiban lagi untuk ikut berperang”. Sementara kepada anak-anaknya nabi mengatakan hendaknya kalian jangan menghalanginya, semoga Allah menganugerahi nya mati syahid, kata nabi kepada anak-anak. Amr bin Al jamuh ikut berperang bersama nabi dan pasukan muslim, kemudian ia terbunuh dalam perang Uhud, setelah itu nabi bersabda dirinya melihat Amr Bin Al-Jamuh menginjakkan kakinya yang pincang di Surga. 

Kaki yang pincang tubuh yang mengalami kekurangan tidak menghalangi seseorang untuk melakukan aktivitas hal-hal yang diluar kewajaran, karena apa? hatinya jauh lebih sempurna dari hal yang fiisik. Karena ini menjadi teladan bagi kita sekalian, hendaknya yang mempunyai kesempurnaan dengan kelengkapan fisik dan spiritual hendaknya lebih bersemangat dan bergairah dalam melakukan kegiatan jihad fi sabilillah. Perjuangan dalam menegakkan syariat agama Islam, jangan memandang bahwa jihad fisabilillah/ berperang dijalan Allah dengan mengangkat senjata melawan musuh-musuh. Tetapi bagaimana berperang melawan kebodohan, kefakiran, kemiskinan dan keterbelakangan. 

 Akhir-akhir ini para pemimpin dan tokoh agama menghadapi tantangan yang berat, bagaimana membimbing dan membina masyarakat dalam upaya kebebasan melaksanakan perintah agama dan kesadaran untuk mengikuti himbauan pemerinyah. Perjuangan, jihad fisabilillah ketika orang mau menerapkan hal-hal yang telah ditetapkan oleh pemerintah diantaranya menerapkan adaptasi kebiasaan baru dalam rangka mengatasi Covid-19. 

Disamping itu, jihad kita pada bulan puasa yaitu dengan memerangi hawa nafsu yang bisa merusak ibadah puasa, seperti marah-marah, ria’, kibir, adu domba, fitnah, berkata dusta, berbohong. Ini adalah hal-hal yang merusak kualitas ibadah puasa. Karena itu adaptasi baru bagi orang yang melaksanakan ibadah puasa adalah berupaya untuk membiasakan atau menerapkan kebiasaan kebiasaan yang baik pada bulan suci Ramadhan. Bagaimana agar hawa nafsu bisa tunduk dengan kemauan hati nurani, hatinya menjadi bersih manakala orang selalu berupaya untuk membersihkan dirinya dengan memperbanyak zikir, membaca Alquran, mengikuti majelis taklim, melaksanakan salat sunnah dan melaksanakan silaturahim serta ibadah-ibadah sunnah lainnya. 

Perjuangan bagaimana agar hawa nafsu tunduk kepada kemauan hati nurani adalah kebiasaan yang baru walaupun kebiasaan ini sudah kita laksanakan secara berulang-ulang, tetapi dalam prakteknya bahwa pembiasaan baru pada bulan Ramadhan belum bisa terlaksana setelah bulan suci Ramadhan. Karena itu dengan kondisi pada saat ini di mana Ibadah dalam kondisi pandemi Covid-19 tetapi pemerintah telah memberikan keleluasaan bagi umat Islam untuk melaksanakan Amaliyah ibadah pada bulan suci Ramadhan dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan. 

Seandainya Amr bin Al Jamuh, hatinya lemah, maka disabilitas fisiknya akan memperlemah aktifitas, akan menjadikan kekuarangan fisik sebagai alasan untuk tidak melaksanakan perintah Allah. Namun sekalipun disabilitas namun karena kekuatan spiritual yang kuat sehingga bisa mematahkan dorongan hawa nafsu yang menjadinya jasmani dan rohaninya semakin melemah. Karena itu kita sekalian yang telah diberikan kesempurnaan, dapat beraktifitas dengan sesuka hati, maka taatilah perintah agama agar selamat disunia dan akhirat.