1/20/2023

Do’a Workshop Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan

Doa merupakan bagian dari ibadah, doa menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk yang lemah. Setiap orang mukmin pasti menyadari hal yang demikian itu. Karena itu untuk mencapai maksud dan tujuan hendaknya memadukan antara usaha, ikhtiar dan tawakal.

الحمد لله رب العالمين حمدايوافى نعمه ويكافئ مزيده ياربنا لك الحمد ولك شكر كما ينبغى لجلال وجهك وعظيم سلطانك اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله واصحابه اجمعين

 

Ya Allah Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang, puji dan syukur kami panjatkan kehadirat-Mu, atas limpahan nikmat dan karunia-Mu, sehingga pada hari ini kami dapat mengikuti kegiatan pembukaan workshop pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan melalui seni gerak dan lagu anak tematik motoric, STEAM dan loose part, dalam suasana suka cita dan penuh keakraban. Semoga kegiatan ini menjadi bagian dari amal ibadah kepada-Mu. 

 

Ya Allah, berilah kepada kami semangat juang dan kesabaran untuk mengikuti kegiatan ini hingga paripurna. Berilah kepada kami kemudahan dan kepahaman untuk menggali keluasan dan kesempurnaan ilmu-Mu, tanamkan dalam diri kami cinta terhadap ilmu yang karenanya kami akan memiliki kecakapan dalam berfikir, ketrampilan dalam berkarya, kebijakan dalam bertindak, kelembutan hati dan keikhlasan. 

 

Ya Allah, ya Rahman ya Rahim, dengan kerendahan hati kami selalu memohon taufiq, hidayah dan inayah-Mu. Berilah kemampuan kepada kami untuk mengaplikasikan ilmu, ketrampilan dan keahlian yang kami miliki, untuk membimbing dan mengarahkan putra-putri didik kami dengan cinta kasih dan kelembutan, menuju terciptanya generasi yang shalih dan shalihah. Generasi yang cerdas, kreatif, inovatif dan religious. 

 

Karena itu ya Allah hiasilah hati dan pikiran kami dengan nur hidayah-Mu. Kami yakin dengan petunjuk-Mu, dengan kekuasaan-Mu dan karena Maha Besar-Mu jua, kami akan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab itu dengan sebaik-baiknya. 

 

Ya Allah, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami, dan janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup bagi kami memikulnya. Tunjukkanlah kepada kami jalan yang benar itu kelihatan benar dan berilah petunjuk serta kekuatan kepada kami untuk melakukannya dan tunjukkanlah kepada kami jalan yang salah itu salah dan berilah kepada kami kemampuan untuk menghindarinya. 

 

 Ya Allah, ya ghaffar, ampunilah dosa dan kesalahan kami, orang tua kami, dosa dan kesalahan para pemimpin kami, kabulkanlah permohonan kami ini, amiin. 

 

 رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ ﺮﺑﻧﺎﺁ ﺗﻧﺎ ﻓﻰ ﺍﻠﺪ ﻧﻴﺎ ﺣﺴﻧﺔ ﻮفى الاﺧﺮﺓ ﺣﺴﻧﺔ ﻮﻗﻧﺎ ﻋﺫ ﺑﺎ ﺍﻠﻧﺎ ﺮ ﻮﺍﻠﺣﻤﺪ ﷲ رب العلمين