12/02/2020

Lomba Kebersihan, Keindahan dan Kemakmuran Masjid (K3M) Sebagai Model Pembinaan Manajeman Masjid

Dewan Haji Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Wonosobo bekerjasama dengan Ormas keagamaan yang terdiri dari IPHI, MUI, ICMI dan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Wonosobo dan Kantor Kementerian Agama menyelenggarakan lomba Kebersihan Keindahan dan Kemakmuran Masjid (K3M) ke-11 tingkat Kabupaten Wonosobo.

Ketua Umum DMI Kabupaten H. Tarjo, S. Sos, M. Si sedang memberikan sambutanAdd caption

 

Kegiatan lomba K3M merupakan salah satu model pembinaan manajemen masjid, dimana masjid yang telah dibangun oleh umat Islam dengan mengerahkan segala sumber daya manusia ternyata setelah bangunan masjid terwujud belum disertai dengan upaya pengelolaannya. Karena itu agar masjid dapat berfungsi dengan maksimal maka perlunya pembinaan manajemen masjid yang meliputi bidang idaroh, imaroh dan riayah. 

 

Ketua tim lomba K3M Drs. H. Toharotun mengatakan bahwa kegiatan lomba pada saat terjadi pandemi Covid-19 adalah bagaimana mewujudkan peran masjid dalam penerapan adaptasi baru. Di mana Covid-19 sebagai wabah internasional yang belum ditemukan obatnya, maka sesungguhnya masjid memunyai peranan yang strategis untuk melakukan sosialisasi dan penerapan adaptasi baru untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan membiasakan untuk mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak. 

 

Sementara ketua DMI Kabupaten Wonosobo H. Tarjo, S. Sos, M. Si mengatakan bahwa pada awalnya lomba K3M terjadi tarik ulur antara akan dilaksanakan dengan tidak dilaksanakan. Hal ini karena terjadinya perkumpulan massa yang cukup besar dikhawatirkan akan terjadi klaster masjid, namun dengan penerapan adaptasi baru lomba masih tetap dilaksanakan. 

 

Dewan Masjid Indonesia sebagai organisasi yang berkhidmat pada kepentingan masjid dengan kepengurusan mulai dari tingkat pusat hingga ke tingkat ranting. Untuk tingkat pusat dengan ketua H. Yusuf Kalla mantan Wakil Presiden, untuk tingkat provinsi bernama DMI Wilayah ketuanya adalah H. Ahmad mantan Wakil Gubernur. Untuk tingkat kabupaten, DMI Daerah semula ketuanya adalah H. Bedjo Taruna BA, karena beliau wafat lalu digantikan H. Tarjo. Untuk DMI Kecamatan bernama DMI Cabang dan untuk DMI Desa/ Kelurahan adalah DMI Ranting dan dibawahnya lagi adalah takmit masjid. 

 

Untuk selanjutnya masjid yang berada di tingkat pusat disebut dengan Masjid Istiqlal, masjid pada tingkat provinsi disebut dengan Masjid Raya, masjid tingkat kabupaten adalah Masjid Agung kemudian masjid tingkat kecamatan adalah masjid besar dan masjid di tingkat desa atau kelurahan adalah Masjid Jami. Lomba K3M ke-11 tingkat Kabupaten Wonosobo terdiri dari tiga bidang yaitu bidang idaroh yang dilaksanakan oleh Hj. Munjiatun, S. Ag dan Tarmin, bidang imaroh Dra. Hj. Amirah Zaitun dan H. Muslikun, SE, AK, M. Ag, bidang riayah Amin Witdarto, SKM dan Kodim dengan koordinator lomba adalah Untaji Affan. 

 

Adapun juara lomba K3M ke-11 tingkat Kabupaten Wonosobo akan diumumkan bersamaan dengan kegiatan penting di kabupaten. Putaran terakhir lomba K3M ke-11 bertempat di Masjid Al Mukhayyat Kalilawang Ds. Sitiharjo Kecamatan Garung dan ditutup oleh ketua umum DMI Kabupaten Wonosobo.

Acara penutupan lomba K3M ke-11 tahun 2020