9/06/2021

Etika Ber-Medsos pada Grup WhatsApp – Sopan dan Berempati

WhatsApp adalah salah satu media komunikasi yang paling efektif dan sampai hari ini banyak orang yang memanfaatkannya sebagai sarana berkomunikasi, berkoordinasi, menjalin silaturahmi dan ada pula yang menggunakan sebagai media untuk berbisnis yaitu untuk mendapatkan penghasilan. Karena itu di dalam WhatsApp di samping secara personil ada WhatsApp group di mana keanggotaannya terdapat kelompok-kelompok tertentu, seperti grup bani, kantor, usaha atau bisnis, alumni, hoby dan kelompok-kelompok lainnya.

Anggota grup mempunyai kebiasaan dan sikap yang berbeda-beda, ada anggota yang aktif memberikan pesan, informasi dan lainnya. Ada yang sekadar memberikan jawaban, ada yang hanya sekali-kali saja kalau dipandang perlu atau ada yang sama sekali tidak pernah memberikan komen. Dia dimasukkan dalam anggota grup karena permintaan atau karena oleh admin dipandang mempunyai pemikiran, perasaan, latar belakang dan kepentingan yang sama. 

 

Dalam grup WA masing-masing orang mempunyai latar belakang, pemahaman dan pengetahuan serta kebiasaan berbeda-beda, sehingga kadangkala dalam melakukan komunikasi atau memberikan informasi, kadang kurang memperhatikan terhadap kepentingan orang lain. Yang penting Informasinya disampaikan, tidak menghiraukan Informasi yang disampaikan oleh teman-teman di dalam grup itu. Tak jarang kadang ditemukan informasi yang disampaikan tidak nyambung, tumpang tindih. Karena di dalam grup WA ini ada etika bagaimana agar masing-masing anggota grup bisa menghargai terhadap anggota grup. 

 

  1. Menggunakan bahasa yang santun, sopan, tidak menyakiti terhadap anggota kelompok yang lainnya. Bagaimanakah standar bahwa apa yang disampaikan itu tidak menyakiti atau menyinggung perasaan orang lain? Hal ini perlunya empati, jadi bagaimanakah seandainya dirinya di beri ucapan atau kata-kata yang demikian itu. Kira-kira dirinya merasa tersinggung atau tersakiti atau tidak? Jadi sebelum membuat statement atau mengirimkan pesan moral di dalam grup WA perlu memperhatikan orang lain. 
  2. Dalam grup WA biasanya terdapat anggota yang menyampaikan informasi penting yang berkaitan dengan masalah kesehatan, sakit atau berita lelayu. Karena itu ketika ada anggota grup yang menyampaikan berita tentang orang yang sakit, misalnya minta doa agar yang sakit segera sembuh, dirinya atau keluarganya segera diberikan kesehatan disingkirkan dari penyakit. Bila masih ada anggota grup yang memberikan komentar tentang berita yang disampaikan, masih ada ucapan, support, dorongan moril mudah-mudahan segera diberikan kesehatan. Atau tentang berita lelayu, mudah-mudahan diampuni dosa dan kesalahannya oleh Allah, diterima amal ibadahnya . Ketika masih ada anggota grup yang memberikan informasi seperti itu, maka grup yang lain hendaknya tahan dulu untuk menyampaikan informasi yang lainnya. Misalnya ada berita lelayu atau duka. Anggota grup yang lain justru menyampaikan informasi bahwa anaknya diterima sebagai pegawai misalnya, kemudian menshare foto-foto tentang acara wisuda atau acara serah terima jabatan atau menyampaikan informasi bahwa dirinya telah memperoleh penghargaan. 
  3. Tidak men-share tentang kejadian-kejadian yang mengandung kekerasan penganiayaan, karena kejadian yang singkat kadang akan menimbulkan kebencian, menyalahkan salah satu pihak. Padahal tidak mengetahuai latar belakang yang sesungguhnya.
  4. Jangan terburu-buru men-share gambar berita, informasi yang diterima sebelum dicek kebenarannya. Segala informasi yang diterima hendaknya disaring dulu, diteliti mana yang layak untuk diteruskan atau mana yang untuk pengetahuan bagi dirinyanya. 

 

Begitulah beberapa etika atau cara kita menggunakan media sosial terutama WhatsApp, agar media komunikasi tersebut bisa memberikan manfaat bagi dirinya, orang lain dan juga bisa mendatangkan kedamaian dan ketenangan bagi semua orang. Media sosial itu ibarat pisau belati yang mempunyai dua sisi, dari sisi manapun bisa digunakan, karena itu media sosial khususnya WhatsApp, bagaimana bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk melakukan perbuatan yang mendatangkan kebaikan.