6/28/2021

Kisah Tentang Sepatu Tertukar

Sepatu adalah merupakan alas kaki, sehingga sebagus apapun, semahal apapun. Sepatu pasti diinjak-injak dan pasti posisinya selalu di bawah. Tetapi walaupun posisinya di bawah orang tidak mempedulikan entah itu dipakai di bawah atau dipakai di atas, karena sepatu itu mempunyai jenis dan merk yang berbeda-beda.

Pada tahun 1985 ada sebuah lagu yang berjudul Aku Anak Singkong yang dibawakan oleh Ari Wibowo dengan syair: 

 

Kau bilang cinta padaku 

Aku bilang pikir dulu 

Selera kita Terlalu jauh berbeda 

Parfummu dari Paris 

Sepatumu dari Itali 

Kau bilang demi gengsi 

Semua serba luar negeri 

Manakah mungkin mengikuti caramu 

Yang penuh hura-hura 

 

Sepatu buatan Italia adalah sepatu yang bagus, karena merupakan sepatu berkelas. Siapa yang memiliki sepatu itu menunjukkan prestis. Setiap orang mempunyai kisah tersendiri dengan barang miliknya termasuk sepatu. Pengalaman tahun ini berbeda dengan pengalaman enam tahun yang lalu. Pada tahun 2016 tahun yang lalu adalah merupakan pengalaman yang menyenangkan, tetapi membuat orang lain menjadi kecewa, terkejut, karena apa, pada waktu itu kebetulan sepatu yang saya pakai untuk mengantarkan kafilah MTQ Pelajar di Kabupaten Boyolali tertukar dengan sepatu orang lain. 

 

Ketika kafilah sudah datang di pemondokan panitia dari kabupaten Boyolali mengecek kondisi dan keadaan kafilah dari kabupaten/ kota se-Jawa Tengah. Ternyata yang datang seorang pejabat dari Pemkab Kabupaten Boyolali. Dia melihat kondisi tempat tidur, kamar, ketersediaan air bersih, penerangan, toiletnya. Karena posisi di dalam sehingga beliau melepaskan sepatunya di teras pemondokan itu. Ternyata ketika beliau pulang yang dipakai adalah sepatu saya. Sepatu butut dan berdebu, pada malam itu saya tidak memperdulikan sepatu, karena lebih fokus untuk memberikan pelayanan pada kafilah dan pelatihan MTQ. 

 

Pada pagi hari pejabat dari Pemkab tersebut datang ke pemondokan dengan membawa sepatu saya yang sudah berubah menjadi bersih dan kempling. Beliau mengambil sepatunya lalu dimasukkan ke dalam mobil. Saya berkata dalam hati “terimakasih pak pejabat, telah menyemir sepatu saya”, namun tidak saya sampaikan terus terang karena beliau menaruh sepatu saya dengan hati-hati dan mengambil sepatunya dengan cepat. Saya tidak tahu apa yang dikatakan, ya sudahlah semoga menjadi tambahan pahala. 

 

Pada tahun ini tahun 2021 ada pengalaman yang menarik ketika hari Senin kami berangkat dari rumah ke kantor dan diawali dengan mengantarkan istri ke tempat kerjanya. Rencananya untuk mengikuti kegiatan dinas kemudian saya tunda, kebetulan pada hari itu saya berencana hendak meminta surat rujukan di tempat dr. Sudibyo Yuwono, M. Ph. Ketika sudah sampai di tempat dokter praktek, ternyata sepatu saya tertukar, yang bahasa Jawanya selen. 

 

Musim hujan biasa saya menggunakan sepatu karet agar tahan terhadap air, tetapi kebetulan karena membawa mobil sendiri, yang sedianya naik motor dengan memakai sepatu karet berganti menggunakan sepatu kulit. Namun yang terjadi bahwa ketika turun dari mobil, mau masuk ke dalam ruangan, saya saksikan sepatu tertukar. Mau cuek tidak bisa, akhirnya saya putuskan ke kantor untuk berganti memakai sepatu yang benar. 

 

Itulah dua pengalaman yang cukup menarik, mengapa sepatu bisa tertukar? Pengalaman yang pertama sepatu yang tertukang dengan milik orang dan yang kedua tertukar yang sebelah antara yang kanan dengan yang kiri berbeda. 

 

Antara ragu dan PD 

 

Dua kejadian yang berbeda namun akan mempunyai kesan yang sama, bila sepatu tertukar dengan milik orang, tentu akan merasa malu. Walaupun tidak bertemu dengan pemilik sepatu namun bila telah sadar dan mengetahui bahwa sepatunya tertukar tentu akan muncul rasa kekhawatiran, jangan-jangan bertemu dengan orang yang memiliki sepatu. Atau mungkin khawatir muncul karena yang mempunyai sepatu akan bingung bahwa sepatunya tidak ada. Berbeda dengan kasus yang kedua bahwa sepatu yang dipakai adalah miliknya, namun berbeda antara kanan dan kiri sehingga akan merasa tidak percaya diri (PD). Bila dipaksakan untuk tetap memakai tentu akan bertingkah yang aneh. Akan menghindari dari perhatian orang. Bagaimana jika orang lain mengetahui ada orang yang menggunakan sepatu selen? 

 

Inilah bahwa sekalipun sepatu itu miliknya namun karena tidak wajar, maka tidak sampai hati untuk memakai. Mengapa peristiwa itu bisa terjadi pertama karena terburu-buru, biasanya orang terburu-buru itu tidak memperhatikan, apa yang ada dalam pikirannya sudah jauh melompat sebelum melakukan, tetapi seakan-akan sudah melakukan. Kedua karena kurang teliti, maka dari itu setiap melakukan kegiatan hendaknya perlu cek dan ricek. Dalam semua kegiatan diteliti, diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ketiga adalah faktor U yaitu usia, orang yang usianya semakin tua biasanya sering lupa. Karena itu sebaik-baik diantara kita sebelum melakukan kegiatan apapun diteliti dahulu, diperhatikan kemudian dirasakan, kalau ada kejanggalan, rasa tidak nyaman segeralah teliti kembali karena pasti itu itu akan mendatangkan kerugian. 

 

Dari peristiwa itu tentu tentu ada hikmah yang dapat dipetik bahwa manusia itu tempatnya salah dan lupa. Ketika pertistiwa itu menimpa dirinya maka sesungguhnya ini menjadi pengingat bahwa manusia itu tidaklah sempurna, salah dan lupa bisa terjadi kapan, dimana dan kepada siapa saja. Karena itu istighfar dan bermuhasabah sangat penting. Berhenti sejenak untuk menyadari akan kesalahan, untuk tidak mudah menyalahkan orang lain. Nasihat itu indah dan mudah untuk disampaikan, tetapi tidaklah seindah bagi yang mendengar, bahkan terkadang bagi diri sendiripun susah untuk menerima nasihat. Tetaplah istiqomah dalam berbuat kebajikan, insya-Allah setiap pembiasaan akan membentuk karakter. Membiasakan berbuat baik itu lebih baik sekalipun hanya sedikit, kecil dan mudah berbeda dengan pembiasaan berbuat buruk, keji dan munkar sekalipun hanya kecil, mudah dan ringan namun akan menjadi noktah dalam hati sehingga semakin lama hati akan tertutup dari kebaikan. Karena itu Allah mengingatkan untuk selalu berwasiat dalam berbuat kebaikan dan kesabaran agar menjadi orang-orang yang beruntung.