Membuat Ramuan Herbal Untuk Kesehatan, Atasi Radang Paru



Banyak cara untuk menjaga kesehatan, salah satu diantaranya adalah dengan mengkonsumsi ramuan herbal. Herbal adalah suatu pengobatan alternative, herbal berarti tumbuhan yang tidak berkayu atau tanaman yang bersifat perdu. Tanaman tersebut dapat digunakan sebagai obat baik sebagian atau seluruh tanamannya ((Putra Winkanda Satria, Sehat tanpa dokter dengan ramuan herbal, Citra Media, Yogyakarta, 2013:1). Ramuan herbal bisa dalam bentuk tincture atau ekstrak cair, kapsul, tablet, kompres, teh, krims dan lainnya (Wijayanti Daru, Sehat dengan pengobatan alami, Venus, Yogyakarta, 2009: 166). Ada lagi dengan model direbus, seperti jamu godok yang mempunyai banyak varian. Presiden Jokowi telah mempratekkan dan membiasakan diri untuk menjaga kebugaran dengan meminum ramuan herbal.

Ramuan herbal kadang terasa tidak enak, pahid, asam, sengir, pengar dan bermacam-macam, demikan pula aromanya yang kadang tidak enak. Tetapi sesungguhnya rasa itu hanyalah di mulut, hanya beberapa saat namun khasiatnya bisa dirasakan sepanjang hari bahkan bisa jadi selama hidup akan mempunyai tubuh yang sehat dan kuat. Pernah ada seoarang wanita desa dia bilang tentang sakit perut, karena ada orang yang mendengar dan kebetuan orang tersebut terbiasa dengan obat-obatan kimia, dengan menyebutkan beberapa macam obat sakit perut. Namun ternyata wanita desa tersebut mengatakan bahwa bila perutnya sakit dia cukup mengambil kunyit lalu diparut, diperas dan diminm sarinya, tidak menunggu berlama-lama perutnya kemudian sembuh.

Inilah bahwa sesungguhnya ramuan herbal itu sudah diperkenalkan nenek moyang sejak zaman dahulu. Para leluhur telah mengajari kepada kita agar bersahabat dengan alam, menjaga dan melestarikan. Digunakan untuk kemaslahatan umat manusia. Pada saat ini dunia sedang sibuk dengan kegiatan untuk memerangi Covid-19. Virus ini menyerang saluran pernafasan, sehingga sebagai langkah antisipasi kita gunakan ramuan untuk mengatasi dan menjaga agar tidak terkena radang paru-paru:

Bahan:
• 1 sendok the kopi murni
• 1 sendok makan tepung irut.
• ½ gelas air panas.
• 1 sendok makan madu.
Caranya:
Kopi dan tepung diseduh dengan air panas, aduk sampai rata lalu campurkan madu. Aduk lagi hingga benar-benar bercampur.
Diminum 3 kali sehari, tiap minum buat ramuan yang baru.


Bahan:
• 5 sendok blimbing manis.
• 2 sendok makan madu murni.
Caranya:
Blimbing diparut lalu diperas untuk diambil airnya. Air perasan dicampur dengan madu lalu diaduk sampai merata.
Pemakaian:
Diminum 2 kali sehari 2 sendok makan (Rahumsyah. AR, MB, Penyembuhan alamiyah dengan pijat urut dan obat kuno, Apollo, Surabaya , Tth: 111-112).

Selamat mencoba, jangan putus asa, tetaplah berusaha, berikhtiar dan tawakal, semoga Allah memberikan yang terbaik untuk kemaslahatan hidup manusia.

Tambahan:
1. Semua yang disampaikan merupakan refleksi diri sebagai bahan evaluasi menata hati untuk meraih ridha Ilahi Robby
2. Jangan lupa bagikan informasi ini ke rekan anda melalui WhatsApp dan Facebook, ingat "Semakin banyak anda berbagi maka semakin banyak anda akan menerima"

Artkel Lain:


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel