6/12/2020

Jaga Jarak, Putus Penyebaran Covid- 19 Khutbah Bahasa Indonesia


اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيْ جَعَلَ لَنَا مِنْ دِيْنِنَا مَافِيْهِ عِبْرَةً لِاُولِي الْاَلْبَابِ,أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ, اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ: فَيَا عِبَادَ اللهِ اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ

Jemaah Jum’ah Rahimakumullah.
Sejak tanggal 17 April 2020 virus corona sungguh sudah membatasi aktifitas ibadah bagi umat Islam, khususnya ibadah yang diselenggarakan dengan mengumpulkan orang banyak. Dimana sejak pemerintah menyatakan bahwa Indonesia dinyatakan dalam kondisi darurat corona. Secara berkala pemerintah melakukan antisipasi pencegahkan penyebaran virus corona, berdasarkan Surat Edaran nomor SE 1 tahun 2020 menghimbau untuk melakukan pembersihan masjid dan penyemprotan dengan disinvectan serta menggulung dan menyingkirkan karpet.

Namun karena virus corona terus berkembang maka pemerintah mengeluarkan Surat Edaran nomor 6 tahun 2020 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H, bahwa ibadah shalat lima waktu untuk disenggarakan dirumah, shalat Jum’at diganti dengan shalat dhuhur, shalat tarowih untuk diselenggarakan dirumah, tadarus Alquran, shalat Idul Fitri di rumah dan tidak menyelenggarakan shilaturrahmi.

Virus corona yang mematikan sendi-sendi kehidupan, ekonomi, sosial budaya mengalami kevakuman, dengan menunggu berakhirnya pandemic Covid-19 yang tidak menentu, maka Presiden RI tangal 15 Mei 2020 memberikan arahan tentang prosedur standar tatanan baru (new normal).
Pemerintah melalui Keputusan Menteri Agama, mengeluarkan Surat Edaran nomor 15 tahun 2020 tentang panduan penyelenggaraan keagamaan di rumah ibadah dalam rangka mewujudkan masyarakat produktif dan aman covid di masa pandemi. Surat tersebut terbit atas respon kerinduannya umat untuk melaksanakan ibadah shalat secara berjama’ah, maka sejak tanggal 29 Mei 2020, masjid langgar, mushola dan tempat ibadah lainnya yang dinyatakan dibuka. Atas dibukanya tempat ibadah dengan syarat menunjukan surat keterangan aman dari gugus tugas provinsi, kabupaten/ kota, kecamatan, bahwa wilayah tersebut aman dari pandemi virus corona.

Dengan dibukanya dan diberikannya kesempatan umat Islam untuk menegakkan shalat berjamaah dan shalat Juma’at, diharapkan semua umat Islam untuk mematuhi protocol kesehatan, jaga jarak, cuci tangan, menggunaan masker dan memastikan setiap orang dalam kondisi sehat, tidak batuk, pilek, demam dan panas.

Jemaah Jum’ah Rahimakumullah.
Jaga jarak secara jasmani adalah tidak berhimpitan namun antar sesama jamaah hendaknya memberikan kelonggaran, menurut protokol kesehatan, sesama jama’ah berjarak antara 1-2 meter. Sehingga umat Islampun hendaknya mematuhi hal yang demikian. Secara rohani bahwa menjaga jarak adalah menjaga jarak dari sifat-sifat yang tidak baik:

1. Jaga jarak dari sifat angkuh dan sombong karena sifat ini akan menjauhkan dari surga.

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ أَحَدٌ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ حَبَّةِ خَرْدَلٍ مِنْ كِبْرِيَاءَ

“Tidak akan masuk surga seseorang yang mana dalam hatinya terdapat seberat biji sawi dari kesombongan." (HR. Muslim).
2. Jaga jarak dari permusuhan dan memutus shilaturrahmi:

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ قَاطِعٌ

"Tidak akan masuk surga orang yang memutus tali silaturrahmi." (HR. Buchari Muslim)

Karena itu dalam kondisi pandemi, tidak dianjurkan untuk bersalaman dan saling mengunjungi, namun hendaknya saling memahami karena suatu kondisi, untuk mewujudkan kemaslahatan mencegah kerusakan.

3. Beribadah kepada Allah hendaknya dilandasai dengan sifat ikhlas dan sabar, jaga jarak dari sifat riya’, yaitu ibadah yang bertujuan untuk mencari ridha Allah, namun kemudian bertujuan untuk kepentingan dunia atau kepentingan kemanusiaan. Riya’ akan menjauhkan dari surga, karena itu jagalah jarak dari perilaku riya’.

إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ عَلَيْكُمْ الشِّرْكُ الْأَصْغَرُ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا الشِّرْكُ الْأَصْغَرُ قَالَ الرِّيَاءُ

"Sesungguhnya yang paling aku khawatirkan dari kalian adalah syirik kecil." Mereka bertanya: Apa itu syirik kecil wahai Rasulullah? Rasulullah bersabda: "Riya’. (HR. Ahmad)

4. Jagalah jarak dari perilaku jahad, karena kejahatan akan menjauhkan dari surga.

إِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَصْدُقُ حَتَّى يَكُونَ صِدِّيقًا وَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا

"Sesungguhnya kejujuran akan membimbing pada kebaikan, dan kebaikan itu akan membimbing ke surga, sesungguhnya jika seseorang yang senantiasa berlaku jujur hingga ia akan dicatat sebagai orang yang jujur. Dan sesungguhnya kedustaan itu akan mengantarkan pada kejahatan, dan sesungguhnya kejahatan itu akan menggiring ke neraka. Dan sesungguhnya jika seseorang yang selalu berdusta sehingga akan dicatat baginya sebagai seorang pendusta." (HR. Buchari Muslim)

Dengan senantiasa memanjatkan do’a kepada Allah, memohon agar pandemi virus corona segera berlalu. Berjanjilah jika virus corona berlalu akan meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah, serta memperbanyak amal shalih. Allah telah berjanji di dalam Alquran, bahwa Allah akan mengabulkan doa hamba-hambanya jika hambanya mau memohon. “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. Al Baqarah: 186)

وقل رب اغفر وارحم وانت خير الراحمين