10/23/2022

Doa Penggalangan Komitmen Open Defecation Free

Sampah adalah sumber penyakit, karena dari sampah itu tersimpan berbagai macam, kuman, bakteri, jamur, virus dan lainnya. Karena itu sampah perlu dikelola dengan baik, jangan membuang sampah disembarang tempat. Apalagi limbah manusia yang berupa tinja dan air seni, untuk tidak disalurkan pada kolam atau sungai. Karena itu untuk mengurangi kebiasaan atau memutus kebiasaan buruk tersebut perlu kerjasama, komitmen untuk menyalurkan limbah keluarga pada saptic tank. Agar terwujud lingkungan yang bersih dan aman serta kesehatan masyarakat.

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبَّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًايُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍوَعَلَى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ. 

 

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, ditangan-Mu segala puji, maka hanya kepada-Mu kami mengucapkan pujian dan menumpahkan rasa syukur. Disebagian dari kenikmatan yang Engkau berikan, sehingga kami dapat berkumpul ditempat ini dalam rangka penggalangan komitmen open defecation free, semoga kegiatan ini tercatat sebagai bagian dari amal ibadah kepada-Mu. 

 

Ya Allah, berilah kepada kami semangat juang dan kesabaran untuk mengikuti kegiatan ini hingga paripurna. Bukakanlah hati dan fikiran kami dengan nur hidayah-Mu. Berikanlah kesadaran dan kefahaman, bahwa dari semua urusan kami, disana ada kepentingan masyarakat yang harus dipikirkan, dan harus dicarikan jalan keluar. Karena kami yakin bahwa dalam memperhatikan kepentingan, dan kemaslahatan serta kesehatan masyarakat disana tersimpan amal ibadah yang sangat mulia. 

 

Ya Allah, ya rahman ya Rahim. Berilah kepada kami kemudahan dan kepahaman untuk menggali keluasan dan kesempurnaan ilmu-Mu. Kuatkanlah semangat hablun minallah dan hablun minannas. Karena tidaklah Engkau menciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah. Dan sebaik-baik manusia yang bermanfaat bagi yang lain. 

 

Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami jalan yang benar dan lurus sebagaimana jalannya orang-orang yang Engkau berikan nikmat, dan janganlah Engkau sesatkan kami setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami. Karena Engkaulah sebaik-baik pemberi petunjuk. 

 

 Ya Allah tunjukkanlah kepada kami jalan yang benar itu benar dan berilah petunjuk serta kekuatan kepada kami untuk menjalankannya dan tunjukkanlah kepada kami jalan yang salah itu salah dan berilah petunjuk serta kekuatan kepada kami untuk menghindarinya. Karena itu hanya kepada-Mu ya Allah kami memohon dan hanya kepada-Mu kami mohon pertolongan. 

 

Ya Allah ya ghoffar, ampunilah dosa kami, orang tua kami, para pemimpin kami, kabulkanlah permohonan kami, amin. 

 

 ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الا خرة حسنة وقنا عذاب النار, والحمد لله رب العالمين