8/22/2021

Muslim itu, Selalu Perbaiki Pemahaman dan Pengamalan Ajaran Islam

Islam adalah agama yang paling sempurna, karena Islam disampaikan oleh Allah kepada Nabi Muhammad dan beliau adalah sebagai rasul yang terakhir. Salah satu fungsi rasul yang terakhir adalah menyempurnakan syariat agama sebelum Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Islam sebagai agama mengatur seluruh tata kehidupan manusia, dalam bidang aqidah, Syariah, ibadah, muamalah.

Ketika melaksakan haji wada’, nabi Muhammad menerima wahyu terakhir:

 

 اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ 

 

”Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu”. (QS. Al Maidah: 3) 

 

Wahyu yang terakhir menandakan bahwa Islam mempunyai sumber hokum, kitab suci yang sudah sempurna, akan tetapi dengan kesempurnaan agama Islam ini tidak menjamin bahwa pemeluk agama Islam atau muslim itu telah melaksanakan ajaran Islam sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah melalui Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Mengapa demikian, karena agama Islam diwahyukan di tanah suci Mekkah, Islam datang ke Mekah, dimana orang Mekah sudah mempunyai keyakinan dan kepercayaan menyembah kepada Tuhan selain Allah. Demikian pula perilaku kehidupan sehari-harinya, suka mabuk-mabukan, berjudi, minum-minuman keras, berzina, saling membunuh dan perilaku buruk lainnya. Dan ketika Islam masuk ke Indonesia, masyarakatnya sudah mempunyai keyakinan dan kepercayaan pada benda-benda, roh nenek moyang dan telah beragama selain Islam. 

 

Islam datang untuk menyampaikan rahmat bagi sekalian alam, Islam datang membawa kedamaian bagi seluruh umat manusia, akan tetapi dalam prakteknya, pemahaman dan pengamalan masing-masing orang tentang Islam mempunyai tingkatan yang berbeda-beda. Ada orang yang menganut agama Islam sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Allah dan utusannya, ada yang masih mencampurbaurkan dengan keyakinan-keyakinan yang lain. Demikian pula dalam perilaku akhlaknya, ada yang selaras dengan apa yang diyakini dan diucapkan, sehingga terwujud suatu integritas antara ucapan dan perbuatan seiring sejalan. Tetapi ada juga yang mempunyai keyakinan tetapi perbuatannya melenceng dari apa diyakini dan dikatakan. 

 

Yang demikian ini sudah terjadi pada masa Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, sehingga di dalam Alquran sudah disebutkan kriteria masing-masing orang. Ada mukmin, muslim, muttaqin, muhlashin, muhshinin, fasiqun, kafirun. Karena itu berkaitan dengan momen tahun baru hijriyah, sahabat Umar bin Khatab pernah berkata: 

 

حاسبوا انفسكم قبل ان تحاسبوا 

 

“Koreksilah dirimu, sebelum dikoreksi (dihisab)”. 

 

Mengoreksi diri sendiri, bermuhasabah, sejauhmana pemahaman dan pelaksanaan Islamnya, tentu saja dengan mengkaji kitab suci dan sunnah rasul. Oleh karena itu orang Islam Islam harus gemar dengan ilmu dan senang mencari ilmu, karena ilmu adalah nur yang akan menerangi dan mengarahkan kehidupan manusia. Dalam beberapa hadis rasul juga menyampaikan bahwa, mencari ilmu wajib bagi setiap muslim, mencari ilmu tidak ada batas usia, karena sejak buian hinggal masuk ke liang lahad, mencari ilmu tidak memandang jauh atau dekat, karena walaupun di negeri Cina ilmu harus dicari. Terkadang kesalihan bukan terletak pada kedalaman ilmu, karena lihatlah apa yang dikatakan jangan siapa yang berkata. Semua itu dilakukan agar pemahaman dan pengamalan ajaran Islam sesuai dengan kehendak syari’at. 

 

Benarnya keyakinan dengan meneguhkan kalimat Tauhid dan mengamalkannya, sempurnanya ibadah bila terus memperbaharuinya dengan melaksanakan yang fardhu dan memperbanyak ibadah sunnah, memperbaharui budi pekerti dengan memahami diri sendiri dan berempati pada orang lain. Sempurnanya ilmu pengetahuan dengan terus belajar dan mengamalkan ilmunya. Karena sesungguhnya tidak ada manusia yang sempurna kecuali selalu berupaya untuk mencari kesempurnaan, tidak ada manusia yang paling baik kecuali terus memperbaiki diri dan amal perbuatannya.

 

 قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَحْسَنَ أَحَدُكُمْ إِسْلَامَهُ فَكُلُّ حَسَنَةٍ يَعْمَلُهَا تُكْتَبُ لَهُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِ مِائَةِ ضِعْفٍ وَكُلُّ سَيِّئَةٍ يَعْمَلُهَا تُكْتَبُ لَهُ بِمِثْلِهَا 

 

“Rasulullah ﷺ bersabda, "Apabila seorang dari kalian memperbaiki ke-Islamannya maka dari setiap kebaikan akan ditulis baginya sepuluh (kebaikan) yang serupa hingga tujuh ratus tingkatan, dan setiap satu kejelekan yang dikerjakan akan ditulis satu kejelekan saja yang serupa dengannya". (HR. Buchari) 

 

 وَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَحْسَنَ أَحَدُكُمْ إِسْلَامَهُ فَكُلُّ حَسَنَةٍ يَعْمَلُهَا تُكْتَبُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِ مِائَةِ ضِعْفٍ وَكُلُّ سَيِّئَةٍ يَعْمَلُهَا تُكْتَبُ لَهُ بِمِثْلِهَا حَتَّى يَلْقَى اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ 

 

“Rasulullah ﷺ bersabda, "Jika salah seorang dari kalian memberbaiki ke-Islamannya, maka setiap amal shalih yang ia lakukan akan ditulis dengan sepuluh kali lipat hingga tujuh ratus kali lipat, sedangkan setiap kesalahan yang ia lakukan akan ditulis apa adanya sehingga ia berjumpa dengan Allah 'Azza wa Jalla." (HR. Ahmad) 

 

Hadits yang diriwayatkan Imam Buchari dan Ahmad bahwa Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam menyampaikan informasi kepada umatnya, bahwa ke-Islaman yang dianut hendaknya diperbaiki sejauh mana pemahaman dan pengamalan ajaran Islam. Prinsip-prinsip aqidahnya, karena aqidah yang lurus akan menuntun pada perilaku yang baik dan benar, sebaliknya aqidah yang melenceng maka perilaku dan perbuatannya cenderung akan melenceng dari kaidah syar'i, sehingga dikhawatirkan amal perbuatannya, yang seakan-akan adalah perbuatan yang baik, namun ternyata ditolak. Bahkan aqidah yang tidak lurus bisa menghapuskan amal ibadah yang lainnya. 

 

Rasulullah disamping menyampaikan informasi untuk memperbaiki amal ibadahnya, ternyata rasul juga memberikan janji, bahwa siapapun yang mau memperbaiki ke-Islamannya, bila itu merupakan perbuatan baik, maka pahalanya akan dilipatgandakan mulai dari 10 kebaikan sampai 700 tingkatan. Namun bila itu kejelekan maka tidak akan dilipatgandakan, tetapi setaraf dengan kejelekan yang sudah dilakukannya. Kenikmatan dari Allah apa lagi yang kamu dustakan, setiap kebaikan yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya, namun bila itu kejelekan akan dibalas setara. Tetapi jangan kemudian kita memandang bahwa amalan dan ibadah kita sudah cukup, pahala sudah cukup, karena manusia diberi nafsu yang cenderung melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Karena hendaknya kita selalu berupaya untuk senantiasa memperbaiki ke-Islaman, agar ibadah yang dilakukan benar-benar menjadi ibadah yang diterima oleh Allah subhanahu wa ta'ala.