8/15/2020

Do’a Peringatan Detik-detik Proklamasi HUT RI ke-75

Kemerdekaan adalah anugerah Allah, kemerdekaan diperoleh dengan perjuangan dan pengorbanan para syuhada’. Kemerdekaan diperoleh dengan cucuran keringat, tetesan darah, pengorbanan jiwa dan raga. Bagaimanakah dahulu rakyat Indonesia hidup dalam penderitaan, penindasan, kemiskinan dan kebodohan. Sejarah telah membukakan hati kita untuk mengingat perjuangan dan pengorbanan mereka.

Kini kita hidup di alam merdeka, tapi perjuangan belum selesai, apalagi pada Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 tahun 2020 ini kita, bangsa Indonesia bahkan seluruh dunia sedang merasakan dampak pandemi Covid-19. Untuk mengatasi ini perlu perjuangan, persatuan, kesabaran, ketekunan untuk selalu mensosialisasikan protokol kesehatan demi kesehatan dan kemaslahatan bersama.


اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبَّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًايُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ, اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍوَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang.
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat-Mu, atas limpahan nikmat dan karunia-Mu sehingga pada pagi hari ini, kami bangsa Indonesia memperingati Detik-detik Proklamasi Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, dalam suasana aman, damai dan sejahtera, sembah sujud senantiasa kami panjatkan kehadirat-Mu. Karena Engkaulah Maha Pencipta, Maha Pengatur dan Pemilik dari semua yang ada ada di alam semasta.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa.
Sungguh besar semangat perjuangan para pahlawan, para pejuang kemerdekaan, walau mereka hidup dalam tekanan penjajah, mereka bisa bangkit untuk wujudkan kemerdekaan, tak terhitung jumlah nyawa telah dikorbankan demi meraih kemerdekaan bangsa Indonesia. Tetasan keringan, tumpahnya darah dan hilangnya nyawa, karena pertolongan-Mu ya Allah, para pejuang mati satu tumbuh seribu. Karena itu ya Allah ampunilah dosa dan kesalahan para pahlawan, pejuang kemerdekaan tempatkanlah ditempat yang paling terpuji.

Ya Allah, berilah pertolongan kepada kami, bangsa Indonesia untuk dapat mewarisi semangat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan, bangkitkan semangat nasionalisme dan patriotism. Satukanlah bangsa kami dalam semangat persatuan dan kesatuan untuk membangun bangsa dan Negara Indonesia.

Ya, Allah ya Aziz
Berilah pertolongan kepada bangsa kami, dari balak dan mara bahaya, bencana dan musibah, pada peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75 ini, kami dalam pandemi wabah Covid-19. Kalau ini ujian berilah kekuatan kepada kami untuk menghadapinya, kalau ini cobaan berilah kemampuan kepada kami untuk menghindari, bila itu azab maka ampunilah dosa dan kesalahan kami. Ya Allah, kami sadar, ketika kami bahagia sering lupa dengan nikat-Mu, ketika kami bersedih kami mengadu dan berkeluh kesah.

Ya, Allah lepaskanlah ketakuatan dan kekhawatiran kami terhadap qodrat dan irodat-Mu, sirnakanlah pandemi Covid-19 dari muka bumi, gantilah dengan cinta dan kasih sayang-Mu. Kami sangat kecil dihadapan-Mu ya Allah, sedang Engkau Maha Besar. Karena pada hari ini kami memohon ridha dan ampunan-Mu.

Ya Allah ya ghoffar, ampunilah dosa kami, orang tua kami, para pemimpin kami, kabulkanlah permohonan kami, amin.

رَبَّناَ تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيناَ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الا خرة حسنة وقنا عذاب النار, والحمد لله رب العالمين.