8/16/2020

Do’a Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Munajat Di Pusara Makam Pahlawan

Kemerdekaan Negara Republik Indonesia diperoleh berkat perjuangan dan pengurbanan para pahlawan kusuma bangsa. Betapa mereka hidup dalam kesedihan, siksaan, penderitaan, kemiskinan dan kebodohan. Setiap aktifitas selalu diawasi para penjajah. Sangat aneh hidup di negeri sendiri namun diatur oleh orang lain, bahkan tidak dapat menikmati hasil kerja, justru yang diperoleh adalah penderitaan karena semua hasil kerja diambil oleh para penjajah. Sehingga banyak terjadi kemiskinan, bahkan sesama anak negeri saling curiga, saling membenci, saling bermusuhan dan inilah salah satu siasat para penjajah untuk memperlemah kekuatan bangsa Indonesia.

Namun dalam setiap keburukan pasti ada kebaikan, setiap kelemahan pasti ada kekuatan, setiap kebengisan pasti ada kemuliaan. Para pahlawan menamkan semangat perjuangan, persatuan dan kesatuan, bangkit melawan para penjajah. Akhirnya atas jerih payahnya dapat menggugah semangat rakyat Indonesia untuk bangkit berjuang meraih kemerdekaan. Atas jasa mereka tugas kita mendoakan agar mereka mendapat ampunan Allah dan diberikan kemulaian disisi Allah. Kita juga bertugas untuk melanjutkan cita-cita para pahlawan untuk membangun negara Indonesia menjadi negara yang aman, tenteram damai dan sejahtera di bawah ridha dan ampunan Allah SAW.
Gerbang masuk Makam Pahlawan Wiropati Wonosobo

الحمد لله رب العلمين حمدا شاكرين حمدا ناعمين حمدا يوافى نعمه ويكافئ مزيده ياربنا لك الحمد كما ينبغى لجلال وجهك العظيم سلطانك اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله واصحابه اجمعين

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang.
Pada keheningan malam ini, kami bangsa Indonesia merenung betapa besar jasa dan pengorbanan para pahlawan, hidup dalam siksaan dan penindasan para penjajah. Mereka tetap dalam satu tekad Indonesia merdeka. Kini kami merenung, dengan ketulusan hati yang terdalam, merasa berhutang budi pada para pahlawan kusuma bangsa, karena atas perjuangan dan pengorbanan mereka, Indonesia merdeka, terbebas dari cengkeraman para penjajah.

Ya Allah, ya Rahim, muliakanlah kedudukan mereka disisi-Mu, ampunilah dosa dan kesalahananya. Lipatgandakanlah pahalanya, jadikanlah syuhadak, mereka yang telah gugur di medan perang, menjadi awal kehidupan yang abadi, bahagia karena ridha dan ampunan-Mu, Engkau tempatkan pada Jannatunna’im, surge yang penuh dengan kenikmatan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang
Janganlah Engkau hilangkan jasa dan bakti para pahlawan, dalam berkurban menjaga dan mempertahankan bumi pertiwi, tanah tumpah darah Indonesia dari para penjajah. Atas jasa dan pengorbanan para pahlawan Indonesia tetap utuh, bumi Nusantara tetap menjadi hak milik bangsa Indonesia.

Ya Allah, tebarkanlah semangat dan perjuangan para pahlawan di dada kami, gelorakan selalu semangat persatuan dan kesatuan, cinta tanah air, bersatu untuk melanjutkan perjuangan dan pengurbanan para pahlawan. Karena kami yakin ya Allah hanya dengan cara ini kami dapat membalas jasa mereka yang teramat besar, hanya dengan cara ini pula, Engkau akan menambah kemuliaan mereka, amal shalih yang mereka lakukan menjadi pahala yang berlipat ganda.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Perkasa.
Sungguh jasa dan perjuangan para pahlawan, telah menjadikan kami hidup dalam kemerdekaan, karena itu lipatgandakanlah pahala disisi-Mu. Karena Engkaulah Tuhan Yang Maha Pengampun, Adil dan Bijaksana, ampunilah dosa-dosanya dan terimalah segala amalnya.

Ya Allah ya Ghaffar, ampunilah dosa kami, orang tua kami, dosa para pemimpin kami, muliakanlah ya Allah kedatangan mereka disisi-Mu, amin.

ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الاخرة حسنة وقنا عذاب النار, وادخلنا الجنة مع الابرار يا عزيز يا غفار يا رب العالمين وصل الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم والحمدلله رب العالمين

Daftar nama dan pusara para Pahlawan