Pemanfaatan Pekarangan Rumah dan Menjaga Lingkungan Hidup



Pekarangan adalah lingkungan yang mengelilingi rumah, walaupun kadang ada juga rumah yang tidak mempunyai pekarangan. Karena sangat tingginya harga tanah di suatu wilayah, sehingga sangat disayangkan jika membiarkan beberapa jengkal tanah untuk menanam berbagai jenis tanaman, sayuran, buah-buahan dan bunga.
Khusus bagi rumah yang mempunyai pekarangan, maka sebaiknya digunakan dan dimanfaatkan untuk penghijauan atau taman dan sebagainya. Kerena itu diantara pemanfaatan pekarangan adalah sebagai berikut:
1. Lumbung Hidup.
Lumbung adalah tempat untuk menyimpan bahan pangan, hal ini terjadi pada masa dahulu dan di wilayah pedesaan mempunyai lumbung padi atau lainnya. Dan untuk pekarangan rumah dimanfaatkan sebagai lumbung hidup yang merupakan persediaan pangan seperti : buah-buahan, umbi-umbian untuk bahan makanan sebagai bahan kalori seperti ubi jalar, singkong, pisang dan sebagainya.
2. Warung Hidup.
Warung adalah merupakan tempat untuk bertransaksi, pertukaran antara uang dengan barang atau sebaliknya. Namun warung hidup adalah kebutuhan keluarga yang diperoleh dari lingkungan pekarangan dan sewaktu -waktu dapat diperoleh, seperti sayuran-mayur, melinjo, kelor, kacang-kacangan sebagai sumber protein.
3. Apotik Hidup.
Apotik adalah tempat berjualan obat-obatan, namun apotik hidup adalah lingkungan keluarga yang digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman yang dapat digunakan untuk obat-obatan herbal, seperti : daun pepaya, kumis kucing, daun inggu, kunyit, temulawak, jahe, lempuyang, pagagan, adas, keji beling, sirsat dan lainnya.
4. Bank Hidup.
Bank adalah tempat untukmenyimpan atau meminjam uang, namun bank hidup adalah tanaman tahunan yang suatu saat dapat menghasilkan uang, karena bisa dijual. Tentu saja bila mempunyai pekarangan luas yang dijadikan kebun buah. Seperti : durian, jambu, kelengkeng, alpokat, mangga, jeruk, apel, pisang, sirsat, rambutan, duku dan lainnya.
Bayangkan alangkah indahnya dan senangnya bila mempunyai pekarangan, apalagi bila pekarangannya luas. Karena terbukti dengan pekarangan yang sempit saja bila dimaksimalkan fungsinya akan sangat bermanfaat dan membantu kebutuhan keluarga. Penanaman ini dapat dilakukan pada poly bag, walaupun hasilnya tidak sebanyak yang dikebun sayur atau buah namun dengan penanaman ini dapat berfungsi ganda, sebagai penghasilan, perhiasan, kesegaran.
Apalagi bila mempunyai pekarangan luas, bisa ditanami dengan berbagai jenis tanaman sayuran dan buah-buahan, dibuatkan kolam untuk memelihara ikan, dibuatkan sangkar burung yang besar, dibuat seakan-akan dia hidup di alam bebas. Maka akan tercipta suasana yang asri, segar, sejuk, nyaman dan nampak alami.
Bagi yang sudah mempunyai rumah dengan pekarangan selamat untuk mencoba, bagi yang belum punyai semoga cita-citanya dapat terkabul.

Anda sedang membaca artikel dari untajiaffan Terbaru hari ini. Mohon untuk membagikan artikel ini ke teman anda melalui sosial media dibawah ini.

Artikel Untajiaffan Lainnya:



Kotak Komentar