Do’a Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928


Sumpah Pemuda adalah momen bersejarah dalam perjalanan hidup bangsa. Dimana para pemuda-pemudi bangsa Indonesia, tergerak untuk menghilangkan sekat-sekat penyebab runtuhnya negara dan tercabik-cabiknya negara Indonesia dalam konsep perjuangan berkelompok.
Karena itu para pemuda bertekad untuk bersatu dalam perbedaan, suku, ras, agama, adat istiadat. Semangat Sumpah Pemuda bergema diseluruh Nusantara. Karena itu, mengingat pentingnya peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, maka setiap tanggal 28 Oktober diselenggerakan upacara bendera, dan ditutup dengan pembacaan doa.

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبَّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًايُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍوَعَلَى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ.
Ya Allah, ya Rahman ya Rahim, puji dan syukur kami panjatkan kehadirat-Mu, atas segala kenikmatan yang Engkau berikan, sehingga pada pagi hari ini kami dapat mengikuti Upacara Bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-85 tahun 2013 dalam keadaan tenteram, damai dan sejahtara, semoga kegiatan ini Engkau catat sebagai amal ibadah kepada-Mu
Ya Allah, ya Maliku ya quddus, jadikanlah Upacara Bendera ini sebagai upaya memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa kami. Jauhkanlah dari segala bentuk perpecahan dan permusuhan. Kobarkanlah semangat kebhinekaan, berbeda dalam suku, bahasa, agama dan adat istiadat, namun kami bersatu dalam membangun bangsa, menuju terciptanya negara yang adil dan makmur materiil dan spiritual berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
Ya Allah, kuatkanlah idiologi, mental dan spiritual untuk menjadi dasar pijakan kami. Agar setiap amal perbuatan, dapat kami pertanggungjawabkan, kepada pemimpin kami, kepada rakyat kami, dan kelak kepada Ilahi Rabbi, zat penguasa alam semesta yang Maha Adil dan Bijaksana, yang tak pernah menghilangkan amal baik dan buruk hamba-Nya.
Ya, Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, bimbinglah para pemuda dan pemudi harapan bangsa. Tangguh dalam berkarya, kuat dalam berpendirian, bersegera untuk menegakkan kejujuran dan keadilan, serta senantiasa berlomba dalam kebaikan. Jadikanlah para pemuda-pemudi pelopor perubahan yang bermartabat, menjunjung tinggi etika dan moral serta mengedepankan semangat nasionalisme. Jauhkanlah sifat tamak, iri dan dengki, serta segala perilaku yang menjadi larangan agama dan negara.
Karena itu ya Allah, tunjukkanlah kepada kami jalan yang benar, sebagaimana jalannya orang-orang yang Engkau berikan kenikmatan dan bukan jalannya orang-orang yang Engkau hinakan. Karena itu hanya kepada-Mu kami memohon dan hanya kepada-Mu kami berserah diri.
Ya Allah, ya haadi, janganlah Engkau palingkan hati kami dari ketaatan setelah Engkau berikan petunjuk, teguhkanlah semangat juang kami dalam melanjutkan perjuangan para pendahulu kami.
Ya Allah ya Ghaffar, ampunilah dosa kami, orang tua kami, para pemimpin kami, kabulkanlah permohonan kami, amin.
رَبَّنَا اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاٰ خِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ, وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Anda sedang membaca artikel dari untajiaffan Terbaru hari ini. Mohon untuk membagikan artikel ini ke teman anda melalui sosial media dibawah ini.

Artikel Untajiaffan Lainnya:



Kotak Komentar