Fasilitasi dan Pengukuhan Forikan


Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) merupakan salah satu upaya meningkatkan peran sektor kelautan dan perikanan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. “Kepengurusan ini merupakan salah satu upaya peningkatan dan pemerataan konsumsi ikan masyarakat,” Kementerian Kelautan dan Perikanan RI telah menginisial program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) sejak tahun 2004, yang telah ditetapkan menjadi program nasional.

Setelah terbentuk dan dikukuhkannya pengurus dari tingkat nasional sampai ke tingkat desa/ kelurahan. Kemudian diselenggarakan fasilitasi kegiatan bagi pengelola warung sekolah. Dimana sekolah merupakan sasaran yang sangat tepat, dengan berbagai macam hasil olahan ikan diharapkan dapat mengurangi produk makanan yang kadang mengandung zat yang membahayakan bagi kesehataan anak. Jadi bukannya kesehatan yang diperoleh namun sakit yang didapat. Karena itu dengan hasil olahan bahan makanan dari ikan disamping akan mewujudkan makanan yang baik juga menyehatkan, mencerdaskan karena kandungan gizi yang baik. Demikian pula dapat menaikkan kesejahteraan masyarakat.

Karena itu mengawali kegiatan pengukuhan dan fasilitasi peningkatan kemampuan pengelola warung sekolah dengan memohon ridha Allah SWT semoga niat baik dari hamba Allah akan berjalan dengan baik dan didukung oleh semua pihak. Berikut tuntunan doa kegiatan dimaksud:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبَّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًايُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍوَعَلَى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَللَّهُمَّ أَخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَأَكْرِمْنَا بِنُوْرِ الْفَهْمِ, وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَةِ الْعِلْمِ وَسَهِّلْ لَناَ أَبْوَابَ فَضْلِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.


Ya Allah, ya Rahman ya Rahim, ditangan-Mu segala puji, maka hanya kepada-Mu kami mengucapkan pujian dan menumpahkan rasa syukur. Disebagian dari kenikmatan yang Engkau berikan sehingga kami dapat mengikuti kegiatan pengukuhan Forikan dan fasilitasi peningkatan kemampuan pengelola warung sekolah tahun 2013, dalam keadaan tentram, damai dan sejahtara.

Ya Allah, ya Qadiru ya Azis, Engkaulah penentu dari segala yang ada di alam ini, dan Engkau Maha Kuasa, tiada sekutu bagi-Mu. Engkau telah menciptakan manusia dalam sebaik-baik bentuk. Engkau telah menyediakan segala kebutuhan manusia. Karena Engkau telah memilih manusia sebagai khalifatul ard.

Ya Allah janganlah Engkau bebankan kepada kami, beban berat sehingga kami tidak kuat memikulnya. Berilah petunjuk kepada kami, mudahkanlah urusan kami, Berikanlah petunjuk kepada kami sebagaimana orang-orang yang Engkau berikan kenikmatan.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, terangilah hati dan fikiran kami dengan nur hidayah-Mu, agar setiap langkah kami selalu berada dalam naungan ridha-Mu.
"Ya Tuhan kami terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkaulah yang Maha mendengar lagi Maha Mengetahui". Dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.


ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الا خرة حسنة وقنا عذاب النار, والحمد لله رب العالمين

Anda sedang membaca artikel dari untajiaffan Terbaru hari ini. Mohon untuk membagikan artikel ini ke teman anda melalui sosial media dibawah ini.

Artikel Untajiaffan Lainnya:



Kotak Komentar