8/15/2022

Doa Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-77 Tahun 2022

Kemerdekaan adalah anugerah Allah, kemerdekaan diperoleh dengan perjuangan panjang. Perang melawan para penjajah dan kadang juga bermusuhan dengan bangsanya sendiri. Dominasi kepentingan pribadi dan golongan sehingga mengorbankan kepentingan nasional. Bahkan kadang agama hanya sebagai legalitas formal untuk mencapai tujuan. Agama belum menjadi media perekat bangsa, agama belum menjadi way of life. Karena itu kemerdekaan menjadi perjuangan yang Panjang. 

 

Kini Indonesia telah merdeka, maka kewajiban anak bangsa adalah untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan. Membangun bidang fisik dan mental spiritual, keduanya harus seimbang, tidak bisa hanya salah satu bidang saja sehingga melalaikan bidang yang lain. Ingat, bahwa manusia adalah makhluk ber-Tuhan, karena itu dalam setiap upaya tidak bisa lepas dari Tuhan. Manusia juga makhluk pribadi sehingga selalu berupaya untuk menjadi insan yang bermanfaat. Manusia juga makhluk sosial sehingga harus selalu menjaga kebersamaan, kerukunan, persaudaraan saling menolong, membantu dan saling menghormati.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبَّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًايُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ, اللّٰهُمَّ أَعِنَّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍوَعَلَى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ. 

 

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang. 

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat-Mu, atas limpahan nikmat dan karunia-Mu sehingga pada hari ini kami dapat mengikuti kegiatan upacara bendera Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, dalam suasana yang aman, damai dan sejahtera. Engkaulah pencipta dan pengatur alam semesta, karena itu sembah sujud kami panjatkan kehadirat-Mu. 

 

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Jadikanlah peringatan hari ulang tahun kemerdekaan negara Republik Indonesia ini menjadi media untuk mengenang semangat dan perjuangan para pahlawan Kusuma bangsa, mereka dengan ikhlas mengorbankan jiwa dan raga untuk meraih kemerdekaan. Bangkitkan semangat nasionalisme bangsa kami, agar negara kami tetap teguh sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bangkitkan semangat patriotisme agar bangsa kami bisa berbakti dan berkontribusi bagi negeri pertiwi. Jauhkan segala bentuk percekcokan, permusuhan yang dapat meluluhkan semangat persatuan dan kesatuan serta persaudaraan. 

 

Ya Allah, ya Aziz. 

Satukankanlah bangsa kami dalam perbedaan, kuatkanlah semangat Bhineka Tunggal Ika. Karena kami satu bangsa, satu bahasa, berbeda dalam keyakinan, adat dan budaya. Namun kami tetap Indonesia, kami cinta Indonesia dan kami bangga menjadi bagian dari rakyat Indonesia. 

 

Ya Allah, ya haady, bimbinglah kami, terangilah hati dan fikiran kami dengan nur hidayah-Mu agar kami dapat menjadi pribadi yang ikhlas beramal. Jadikanlah kami, sebagai aparatur negara yang bisa bekerja dengan jiwa integritas, professional, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan. Jadikanlah kami rakyat Indonesia yang selalu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa, suka membangun, selalu berkarya dan berinovasi untuk kemajuan bangsa dan negara kami. 

 

Ya Allah ya ghoffar, ampunilah dosa kami, orang tua kami, para pemimpin kami, kabulkanlah permohonan kami, amin.

 

 رَبَّناَ تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيناَ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الا خرة حسنة وقنا عذاب النار, والحمد لله رب العالمين.