10/23/2021

Berlomba Berbenah untuk Memajukan dan Mengembangkan Fungsi Masjid, Menuju Masjid yang Paripurna

Kegiatan pembinaan manajemen takmir masjid yang dikemas dengan lomba kegiatan K3M (Kebersihan, Keindahan dan Kemakmuran Masjid) akan diselenggarakan pada tanggal 22-30 November 2021. Kegiatan ini menjadi agenda rutin Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo dalam melaksanakan pembangunan  melalui kegiatan kemasjidan. Kegiatan ini didukung oleh Kantor Kementerian Agama, Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Wonosobo, MUI, IPHI, ICMI Orda Wonosobo. Geliat dan semangat dari peserta lomba mulai berbenah, untuk menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan perlengkapan atau sarana lomba yang meliputi bidang idaroh, riayah dan imaroh.

Takmir Masjid Al Huda Sudagaran Wonosobo sedang rapat koordinasi
Kegiatan lomba K3M ke-12 tingkat kabupaten adalah merupakan media pendidikan dan pelatihan bagi takmir masjid untuk mengelola masjid secara profesional. Selama ini pengelolaan masjid hanya berjalan apa adanya, mengalir nyaris tidak ada program kerja dan progress setiap takmir. Pelaksanaan shalat lima waktu sudah terlaksana namun belum ada gerakan shalat berjamaah, hal ini berakibat masjid-masjid yang berdiri masih sepi dengan kegiatan terutama kegiatan shalat lima waktu secara berjamaah, sehingga masjid-masjid hanya dominan ramai ketika masuk moment puasa Ramadhan dan itu pun banyak masjid yang ramai pada hari-hari yang pertama.
Takmir Masjid Al Huda Simbang Kalikajar sedang rapat koordinasi.
Demikian pula dengan kegiatan pendidikan atau majelis taklim juga masih banyak yang hanya mengandalkan Majelis Taklim selapanan. Dari kegiatan-kegiatan yang sudah berjalan pada umumnya masjid tidak mempunyai dokumentasi sehingga kegiatan-kegiatan yang sudah berjalan berlalu begitu saja, sehingga tidak bisa memberikan pelajaran bagi generasi selanjutnya. Karena itu dengan kegiatan lomba K3M adalah menjadi media pembelajaran, pelatihan dan pendidikan bagi takmir masjid tentang arti pentingnya dokumentasi kegiatan.
Camat Kalikajar Drs. H. Suratman, M. Si memberikan bantuan alat kebersihan
Kemudian banyak pula jamaah masjid yang kurang memperhatikan terhadap perawatan masjid, sehingga bangunan yang sudah dibangun, pada awalnya merupakan bangunan yang megah, namun kemudian menjadi bangunan yang kusam karena kurang terawat. Dengan lomba K3M ini menjadi media pemahaman kepada jamaah untuk meningkatkan kepedulian terhadap masjid dalam perawatannya. Karena perawatan bangunan ada yang bersifat tahunan sepertti pengecatan, ada yang bulanan seperti perlengkapan pengajian selapanan, ada yang mingguan seperti pengajian mingguan, shalat Jum’at dan yang paling berat adalah harian yang berkaitan dengan menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan.
Takmir Masjid Baiturohman Menjer Garung sedang kerja bakti.
Lomba K3M meningkatkan kepedulian takmir masjid dan jamaah untuk berperan serta dalam memajukan dan mengembangkan fungsi masjid. Berangkat dari diri sendiri dan keluarga untuk berkontribusi untuk kepentingan masjid, sehingga masjid yang dibanggakan akan menjadi tempat yang dicintai oleh jamaah. Sehingga dari masjid masyarakat akan merasa mendapatkan ketenangan, kedamaian, merasa mempunyai banyak saudara. Dari itu banyak masjid yang telah memberikan pelayanan pada jamaah dari keutuhannya, seperti tersedianya tempat ibadah yang nyaman, tempat wudhu dan MCK yang memadai, tersedia tempat parkir yang aman. Dan Jum’at berkah dengan wujud pemberian makan minum pada jamaah shalat Jum’at.
Anggota TNI Kecamatan Wonosobo sedang bersih-besih masjid
Aneka macam tanaman untuk kesejukan masjid.
Takmir masjid  Al Muttaqin Gataksari Serang Kejajar sedang rapat koordinasi