Do'a Pelepasan Jama'ah Haji


Haji adalah rukun Islam kelima, haji di wajibkan bagi orang-orang yang telah memenuhi syarat istitho'ah. Secara materiil memang jelas bagi orang-orang yang mempunyai kecukupan dan kemampuan ekonomi. Misalnya pemerintah Indonesia telah memutuskan biaya pendaftaran haji untuk mendapatkan porsi haji sebesar Rp. 25.000.000,- yang disetorkan ke bank-bank yang telah ditunjuk.Disamping itu ada keistimewaan orang miskin tapi bisa memenuhi panggilan Allah untuk melaksanakan ibadah haji, bisa karena ketekunan, keuletan, kesabaran, keikhlasan, keistiqomahan dan sebagainya, sehingga Allah memberikan jalan orang tersebut melaksanakan ibadah haji.
Pelepasan calon jama'ah haji biasanya diselenggarakan walimatussafar, tidak lain untuk meminta do'a kepada masyarakat sekitar, teman dan saudaranya yang dikemas dalam acara khusus. Berikut contoh do'a

ﺍﻠﺤﻤﺪ ﷲ ﺮﺐﺍﻠﻌﺎﻠﻤﻴﻦ ﺤﻤﺪﺍ ﻴﻮﺍ ﻓﻰ ﻧﻌﻤﻪ ﻮﻴﻜﺎ ﻓﺊ ﻤﺰﻴﺪ ﻩ ﻴﺎ ﺮﺒﻧﺎ ﻠﻚ ﺍﻠﺤﻤﺪ ﻜﻤﺎ ﻴﻧﺒﻐﻰ ﻠﺠﻼ ﻞ ﻮﺠﻬﻚ ﺍﻠﻜﺭﻴﻢ ﻮﻋﻇﻴﻢ ﺴﻠطا ﻧﻚ ﺍﻠﻟﻬﻢ ﺼل ﻮﺴﻟﻢ ﻋﻠﻰ ﺴﻴﺪﻧﺎ ﻤﺤﻤﺪ ﻮﻋﻠﻰ ﺍﻟﻪ ﻮﺍﺼحاﺑﻪ ﺍﺠﻤﻌﻴﻦ

Ya Allah , puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadiratmu, dengan segala kenikmatan dan karunia Engkau pertemukan kami dalam majlis yang mulia ini, dalam kegiatan pelepasan Bapak/ Ibu…………………………………….yang akan memenuhi panggilan-Mu, untuk menunaikan rukun Islam yang kelima yaitu melaksanakan ibadah haji.

Ya Allah ya Aziz, berikanlah kesehatan, kemudahan dan kesejahteraan dalam melakukan perjalanan dari tanah air sampai ke Mekah dan Madinah. Dan berilah pula kemudahan dan kelapangan untuk melaksanakan segara rukun, wajib dan sunnah ibadah haji. Dengan kuasa-Mu ya Allah segala yang sulit menjadi mudah, segala yang menakutkan menjadi menggemberikan, segala yang sempit menjadi lapang, segala harapan menjadi kenyataan. Karena itu ya Allah hanya kepada-Mu kami memohon dan hanya kepada-Mu kami berserah diri, Engkaulah Tuhan yang Maha Agung.

Ya, Allah jadikanlah ibadah di tanah suci menjadi landasan mental spiritual untuk senantiasa ingin dekat dengan-Mu. Karena itu segala daya upaya yang telah di upayakan untuk mewujudkan rasa cinta kepada-Mu. Karena itu ya Allah mudahkanlah beliau untuk beradaptasi di tanah suci, sehingga karenanya ibadahnya akan mencapai kesempurnaan sehingga dapat kembali ke tanah air dalam kondisi yang baik, dengan memperoleh predikat haji yang mabrur.

اللهم اجعل حجا مبرورا وسعيا مشكورا وذنبا مغفورا وعملا مقبولا وتجارة لن تبور ياعالم ما فى الصدور أخرجنى يا الله من الظلمات الى النور.
ﺮﺑﻧﺎﺁ ﺗﻧﺎ ﻓﻰ ﺍﻠﺪ ﻧﻴﺎ ﺣﺴﻧﺔ ﻮفى الاﺧﺮﺓ ﺣﺴﻧﺔ ﻮﻗﻧﺎ ﻋﺫ ب ﺍﻠﻧﺎ ﺮ وصل الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين ﻮﺍﻠﺣﻤﺪ ﷲ رب العلمين

Anda sedang membaca artikel dari untajiaffan Terbaru hari ini. Mohon untuk membagikan artikel ini ke teman anda melalui sosial media dibawah ini.

Artikel Untajiaffan Lainnya:



Kotak Komentar