Do'a Ziarah-Renungan Suci HUT RI


Pada tanggal 17 Agustus 1945 kemerdekaan dapat diraih, Indonesia menjadi negara berdaulat, tak satu negarapun yang diperkenankan menjajah negara Indonesia. Segala perjungan diupayakan untuk mempertahankan kemerdekaan. Untuk selanjutnya sebagai pewaris bangsa dan negara apa yang sudah kita lakukan. Apa yang telah kita berikan pada bangsa dan negara, sejauhmana kita dapat meneladani jasa-jasa para pahlawan. Itulah pentingnya menyelenggarakan renungan suci.

Pada kegiatan apel kehormatan dan renungan suci seluruh peserta memanjatkan do’a kehadirat Allah SWT agar para pahlawan tercatat sebagai syuhada’, diampuni dosa-dosanya, ditempatkan pada tempat yang mulia dan keluarganya diganti menjadi lebih baik. Berikut contoh do’a renungan suci dan apel kehormatan.

الحمد لله رب العلمين حمدا شاكرين حمدا ناعمين حمدا يوافى نعمه ويكافئ مزيده ياربنا لك الحمد كما ينبغى لجلال وجهك العظيم سلطانك اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله واصحابه اجمعين


Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa
Puji syukur kami panjatkan kehadirat-Mu ya Allah. Pada keheningan malam ini, kami berada pada pusara para pahlawan, untuk mengenang jasa para ksatria kusuma bangsa Indonesia yang telah gugur mendahului kami, demi kejayaan bangsa dan Negara Indonesia.

Ya Allah ya Ghaffur, dengan rasa ikhlas dari lubuk hati kami yang dalam, kami memohon kehadirat-Mu, Engkau berkenan mengampuni dosa para pahlawan dan para pendahulu kami serta menerima mengabdian dan dharma bhakti mereka sebagai amal syuhadak bangsa dan negara kami.

Ya Allah, ampunilah dan kasih sayangilah mereka, sejahterakanlah mereka, maafkanlah kesalahan mereka, hormatilah kedatangan mereka, luaskanlah tempat diam mereka, bersihkanlah mereka dari segala noda dan dosa, sebagaimana kain putih yang dibersihkan dari kotoran, gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada rumah mereka dahulu, gantilah keluarganya dengan lebih baik dari keluarga mereka dahulu, jauhkanlah mereka dari huru-hara kubur dan siksaan api neraka.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Perkasa.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa kemerdekaan yang Engkau anugerahkan kepada bangsa Indonesia adalah anugerah yang telah ditebus dengan pengorbanan jiwa dan raga putera-putera bangsa kami. Karena itu ya Allah, tempatkanlah mereka disisimu sebagai syuhada’, ampunkanlah dosa-dosanya dan terimalah segala amalnya.

Ya Allah, ya Qaadiru, sesungguhnya Engkau Maha kuasa atas segala sesuatu. Berilah kami kedewasaan dalam menjalankan kehidupan berpolitik, berdemokrasi dan percepatan pemulihan ekonomi nasional, agar tercipta bangsa kami yang bersatu, aman, adil, demokrasi dan sejahtera.

Ya Allah ya Ghaffar, ampunilah dosa kami, orang tua kami, dosa para pemimpin kami, muliakanlah ya Allah kedatangan mereka disisi-Mu, amin.

ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الاخرة حسنة وقنا عذاب النار, وادخلنا الجنة مع الابرار يا عزيز يا غفار يا رب العالمين وصل الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم والحمدلله رب العالمين

Anda sedang membaca artikel dari untajiaffan Terbaru hari ini. Mohon untuk membagikan artikel ini ke teman anda melalui sosial media dibawah ini.

Artikel Untajiaffan Lainnya:



Kotak Komentar