Berfikir Global Bersikap Lokal


Berfikir Global Bersikap Lokal

Manusia adalah makhluk Allah yang paling sempurna, karena itu dengan kesempurnaan itu Allah memberikan kepada manusia tugas ganda yaitu sebagi khalifatullah dan sebagai 'abdullah. Manusia diberikan kebebasan oleh Allah untuk mengolah sumber daya alam yang tentu saja harus diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia. Agar terjadi keseimbanagan maka manusia hendaknya dapat berfikir global namun dlam bersikap senantiasa menjaga kearifan yaitu dengan bersikap lokal. Begitu pentingnya dua hal ini maka akan kami sampaikan melalui mimbar khutbah Jum'ah.
الحمدلله الذى انزل الكتب ليكون للعلمين فذنوا. اشهد ان لا اله الا الله خالق كل شيئ وقدره تقديرا. واشهد ان محمدا عبده ورسوله المبعوث بالحق وجعله سراجامنيرا.اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله واصحابه وسلم تسليما كثيرا امابعد: فيا عباد الله اوصيكم ونفسى بتقوى الله فقد فاز المتقون, وقال ربكم فى كتابه الكريم اعوذبالله من الشيطان الرجيم ام حسبتم ان تدخلوا الجنة ولما يعلم الله الذين جاهدوا منكم ويعلم الصابرين.
Kaum muslimin jama'ah Jum'ah Rahimakumullah
Pada mimbar yang mulia ini khatib berwasiat, marilah bersama-sama kita tingkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, yaitu dengan berupaya untuk selalu melaksanakan perintah-perintah Allah dan meninggalkan segala larangan-Nya, karena dengan keimanan itulah maka kita akan menjadi manusia yang beruntung.
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dan budaya, adalah menandakan maju dan mundurnya suatu negara karena dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi itu maka akan semakin membuka wawasan tentang kemahabesaran dan kemahaluasan ilmu Allah. Sehingga walaupun dari setiap generasi dapat menciptakan hasil teknologi, dari setiap generasi itu pula teknologi selalu mengalami pembaharuan, ini menandakan bahwa semua hasil karya manusia itu bersifat relative, sehingga sampai kapanpun ilmunya Allah tidak akan habis di kejar oleh manusia, sebagaimana firmannya dala surat Al Kahfi: 109
" Katakanlah : kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)".

Perkembangan IPTEK diiringi pula dengan perkembangan seni dan budaya, dengan teknologi segala hasil seni dan budaya dengan mudah akan diterima oleh masyarakat, sekalipun penduduk yang berada dipelosok, penduduk akan dapat menangkap hasil seni dan budaya orang Inggris, Perancis, Cina dan dibelahan dunia yang lain dengan melihat tayangan TV, mendengar siaran radio, membaca surat kabar, majalah, atau dengan mengakses lewat situs internet.
Dengan perkembangan IPTEK ini maka akan menimbulkan pergeseran perilaku masyarakat, dari masalah tata krama, cara berpakaian, cara pergaulan telah berbeda jauh dengan budaya lokal (budaya asli), bahkan kebiasaan berjudi, mengkonsumsi narkoba, dapat ditemukan disemua masyarakat akibat negative dari perkembangan IPTEK.
Kaum muslimin jama'ah Jum'ah Rahimakumullah
Akibat negatif dari perkembangan IPTEK itu apakah harus ditentang. Islam selalu mendorong pada umatnya untuk selalu mengembangkan IPTEK. Hal ini dapat dilihat dari wahyu pertama yang diterima oleh Rasullullah adalah untuk membaca, karena dengan membaca itu maka wawasan akan bertambah dan kebijaksanaan semakin luhur.
Demikian pula nabi mencintai pada umat yang kuat dari pada yang lemah:
المؤ من القوي خير واحب الى الله من المؤ من الضعيف وفى كل خير (رواه مسلم)
" Orang mu'min yang kuat adalh lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada orang mu'min yang lemah, dan pada mereka ada kebaikannya. (HR. Muslim)

Oleh karena itu walaupun ilmu kita sudah setinggi langit tetapi hendaknya tetap bersikap lokal (mengikuti tradisi yang baik). Karena dari perkembangan IPTEK sering kita jumpai perkembangan mode pakaian, wanita menggunakan busana mini yang membuka aurat, demikian pula pergaulan muda-mudi tidak mengenal lagi mana yang halal dan mana yang haram, maka dari itu kembangkan untuk selalu bertindak secara lokal (arif), bersikap dengan melihat kondisi lingkungan, dengan melihat adat-istiadat masyarakat sehingga apapun yang dilakukan tidak akan bertentangan atau menimbulkan dampak negatife. Hal ini dilakukukan dari cara berpakaian, cara bicara, cara pergaulan, dan lainnya.
Demikian pula perkembangan IPTEK tidak akan menimbulkan kepincangan sosial, akibat kesalahan dalam menerapkan perkembangan IPTEK yang berhubungan dengan seni dan budaya. Akan tetapi ibadah yang dilakukan dalam kondisi sulit akan mempunyai nilai lebih, sebagaimana sabda Rasul:
العبادة فى الهجر كهجرة الى (رواه مسلم)
" Beribadah pada masa banyak kemungkaran sama dengan berhijrah kepada-Ku".
من تمسك بسنتى عند فساد امتى فله اجر مائة شهيد
" Barang siapa berpegang pada sunnah-Ku ketika uma-Kku dalam kerusakan, maka baginya akan mendapatkan pahala seratus orang yang mati sahid".

Kaum muslimin jama'ah Jum'ah Rahimakumullah
Penerapan berfikir secara global dan bersikap secara lokal (arif) adalah menjadi tanggung jawab bersama, pengaruh migrasi penduduk dari kota ke desa, maka perlu diwaspadai agar sikapnya tidak berlawanan dengan budaya lokal, yang akan menimbulkan persepsi" didesanya sendiri seperti itu apalagi diperantauan" Maha suci Allah semoga kita dapat selalu menjaga iman dan taqwa kita sehingga tidak mudah terpengaruh oleh budaya yang akan merusak diri sendiri dan orang lain.
Karena itu nabi berpesan agar kita selalu membawa iman dan taqwa dimanapun kita berada:
اتق الله حيثماكنت واتبع السيئة الحسنة تمحها وخلق الناس بخلق حسن
" Bertaqwalah kepada Allah dimanapun kamu berada dan balaslah perbuatan yang jelek dengan berbuatan yang baik, dan berbudilah kepada manusia dengan budi yang baik".

Befikir global akan menimbulkan kemajuan dan kejayaan dimasyarakat, tetapi bersikap secara global akan menmbawa dampak negatif ditengah-tengah masyarakat, Karena itu orang yang berfikir global menandakan bahwa orang tersebut mempunyai sikap yang dinamis, sehingga mempunyai kebijaksanaan yang tinggi pula. Sebaliknya bersikap global tanpa diimbangi dengan berfikir yang global maka menandakan kepicikan pandangan dan kedangkalan pengetahuan.
اللهم انى اعوذبك من العجر والكسل وقل رب اغفر وارحم وانت خير الراحمين

Anda sedang membaca artikel dari untajiaffan Terbaru hari ini. Mohon untuk membagikan artikel ini ke teman anda melalui sosial media dibawah ini.

Artikel Untajiaffan Lainnya:



Kotak Komentar