Do'a Malam Nisfu Sya'ban


Bulan Sya’ban adalah bulan dimana umat Islam mulai bersiap-siap untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Bulan dimana setiap muslim hendaknya mulai bersiap diri baik jasmani maupun rohani untuk menyambut datangnya bulan yang penuh keberkahan. Sehingga pada pertengahan bulan tersebut untuk memanjatkan do’a kepada Allah agar diberikan umur yang panjang dan baik amal perbuatannya, mohon agar diberi rizki yang halal dan thayyib dan memohon kepada Allah agar diberikan ketetapan iman dan Islam.

Do’a Nisfu Sya’ban dibaca pada tanggal 15 setelah selesai menegakkan shalat Maghrib, diawali dengan membaca surat Yasin 3 x. Setelah selesai membaca sekali berdo’a memohon kepada Allah agar diberikan panjang umur, kemudian setelah selesai membaca yang kedua berdo’a agar diberikan rizki yang banyak, halal dan thayyib, dan setelah selesai membaca yang ketiga berdoa agar selalu diberikan ketetapan iman dan Islam. Kemudian membaca do’a Nisfu Sya’ban sebagaimana teks di bawah ini:

اَللّهُمَّ يَاذَاالْمَنِّ وَلاَيُمَنُّ عَلَيْك يَاذَاالْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ يَاذَاالطَّوْلِ وَالْإِنْعَامِ لآ إِلهِ إِلاَّ أَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَأَمَانَ الْخَائِفِيْنَ

اَللّهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الْكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُوْمًا أَوْ مَطْرُوْدًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِي الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِى أُمِّ الْكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِيْ وَطَرْدِيْ وَاِقْتَارَ رِزْقِي وَأَثْبِتْنيْ عِنْدَكَ فِي أُمِّ الْكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِي كِتَاِبكَ الْمُنَزَّلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُواللهُ مَايَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الْكِتَابِ

إِلَهِي بِالتَّجَلِّي الْأَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِي يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ أَمْرٍ حَكِيْمٍ وَيُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّى مِنَ الْبَلاَءِ مَاأَعْلَمُ وَمَا لَاأَعْلَمُ وَمَا أَنْتَ َعَلَّمُ الْغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ


Ya Allah, wahai pemilik karunia dan tak ada yang dapat memberi karunia kepada Engkau.
Wahai pemilik kebesaran dan kemuliaan, wahai pemilik anugerah dan kenikmatan.
Tak ada Tuhan selain Engkau, tempat bersandar bagi orang yang butuh pertolongan, tempat berlindung bagi orang yang butuh perlindungan, dan tempat yang aman bagi orang-orang yang takut.
Ya Allah, jika Engkau telah tulis aku dalam buku induk kesengsaraanku, keburukan nasibku, ketersingkiranku, dan kesempitan rizkiku, dan tetapkanlah aku dalam buku induk Engkau sebagai orang yang bahagia, diberi rizki, diberi petunjuk kebaikan. Karena sesungguhnya Engkau telah berkata, dan perkatanmu adalah benar, didalam kitab-Mu yang kau turunkan kepada nabi-Mu yang kau utus, yaitu Allah akan menghapus apa saja yang ia kehendaki dan menetapkannya, disisinyalah buku induk.
Ya Tuhanku dengan keagungan-Mu yang paling besar pada malam Nisfu Sya’ban yang mulia ini, yang pada malam ini setiap perkata yang pasti dibedakan dan ditetapkan, jauhilah aku dari bala’, yang kuketahui dan yang tak kuketahui, sedangkan Engkau Maha Mengetahui hal-hal yang gaib, berkat rahmat-Mu wahai zat yag pengasih diantara para pengasih.

Anda sedang membaca artikel dari untajiaffan Terbaru hari ini. Mohon untuk membagikan artikel ini ke teman anda melalui sosial media dibawah ini.

Artikel Untajiaffan Lainnya:



Kotak Komentar