Do’a memasuki kota atau kampung dan menempati suatu tempat


Dunia ini tersusun atas benua, dan didalam benua ada negara, didalam negara tersusun atas provinsi, didalam provinsi terdiri dari kabupaten/ kota, dalam kabupaten/ kota terdiri dari kecamatan dan didalam kecamatan terdiri dari kelurahan, desa/ kampung. Demikian luasnya dunia ini, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa manusia sering bermigrasi dari satu wilayah ke wilayah yang lainnya. Walaupun terkadang perpindahan ini hanya sekedar untuk travelling atau berwisata.

Sesungguhnya tempat yang akan didatangi itu adalah wilayah yang berbeda dengan tempat tinggalnya, demikian pula budaya dan tradisi masyarakat. Dari perbedaan tersebut maka terjadi daya tarik untuk berkunjung dari daerah ke daerah lainya. Belum pasti kedatangan itu disambut dengan baik, karena itu berbekal pada pengetahuan untuk memahami sikap saling menghormati dan menghargai terhadap sesama hidup mutlak diperlukan. Disamping itu tentu saja kita senantiasa memohon keselamatan agar ditempat tersebut dapat diterima dengan baik, tidak dimusuhi, tidak disakiti dan tidak dianiaya.
Rasulullah SAW pada suatu saat pernah berpesan kepada Ali bin Abi Thalib bila akan masuk ke suatu kota atau kampung agar membaca do’a:

أَللّٰهُمَّ اِنِّى أَسْئَلُكَ خَيْرَ هٰذِهِ الْمَدِيْنَةِ وَخَيْرَ مَااكْتَسَبْتُ فِيْهَا. وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ هَا وَشَرِّ مَااكْتَسَبْتُ فِيْهَا. أَللّٰهُمَّ ارْزُقْنِى خَيْرَهَا وَأَعِذْنِى مِنْ شَرِّهَا وَحَبِّبْنَا اِلَى أَهْلِهَا وَحَبِّبْ صَالِحَ أَهْلِهَا اِلَيْنَا

“Ya Allah aku mohon kepada-Mu akan kebaikan yang ada di kota ini, dan kebaikan apa yang aku lakukan padanya, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang aku lakukan padanya. Ya Allah berilah aku rizki atas kebaikannya dan lindungilah aku dari kejahatannya, dan jadikanlah kami cinta kepada penduduknya dan jadikan pulalah penduduknya yang shalih cinta kepada kami”.
Selanjutnya Rasulullah SAW melanjutkan pesannya kepada sahabat Ali, bila menempati suatu tempat maka bacalah:

 أَللّٰهُمَّ أَنْزِلْنَا مُنْزَلًا مُبَارَكًا وَأَنْتَ خَيْرُالْمُنْزِلِيْنَ تَرْزُقُ خَيْرَهُ وَتَدْفَعُ عَنْكَ شَرَّهُ


“Ya Allah tempatkanlah kami di tempat yang berkah dan Engkaulah yang sebaik-baik yang memberikan tempat, Engkau berikan kebaikannya dan Engkau tolak kejahatannya”. (Dikutib dari Buku Detik-detik terakhir kehidupan Rasulullah karya KH. Firdaus AN)

Dengan berbekal pada pesan Rasulullah SAW kita tidak diperkenankan untuk berbuat seenaknya disuatu daerah. Karena adat istiadat dan tata krama suatu daerah tentu berbeda dengan kebiasaan yang sering dilakukan. Sadarilah bahwa setiap perbuatan yang kita lakukan bisa jadi menyakiti atau merugikan orang lain. Baik disadari atau tanpa kesadaran, karena itu sebaik- baik manusia yang selalu mohon perlindungan kepada Allah SWT. Dengan harapan kedatangan kita membawa kemaslahatan bagi diri sendiri dan orang-orang yang bertempat tinggal ditempat tersebut.

Anda sedang membaca artikel dari untajiaffan Terbaru hari ini. Mohon untuk membagikan artikel ini ke teman anda melalui sosial media dibawah ini.

Artikel Untajiaffan Lainnya:



Kotak Komentar