Do'a Penutupan TMMD


Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) adalah merupakan salah satu wujud bakti TNI kepada bangsa dan negara. Karena mereka berasal dari rakyat, oleh rakyat untuk rakyat. Bhakti TNI kepada rakyat diwujudkan dalam wujud kemanunggalan TNI kepada rakyat untuk melaksanakan pembangunan di desa. Kegiatan ini bisanya ditutup dengan kegiatan upacara dan ditutup dengan pembacaan do’a. Berikut contoh teks do’anya:

الحمد لله رب العلمين حمدا يوافى نعمه ويكافئ مزيده ياربنا لك الحمد ولك الشكر كما ينبغى لجلال وجهك الكريم وعظيم سلطانك اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله واصحابه اجمعين


Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat-Mu atas segala nikmat dan karunia-Mu, sehingga pada pagi hari ini kami dapat mengikuti Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung  dalam keadaan aman dan sejahtera. Karena itu sembah sujud kami haturkan kehadirat-MU, karena tiada Tuhan yang berhak menerima pujian kecuali Engkau.

Ya Allah Tuhan yang Maha Kuasa, Engkau telah memperkenankan TNI manunggal dengan rakyat, kembali ke desa, membangun bersama rakyat untuk kepentingan masyarakat, tanamkanlah jiwa dan semangat rakyat untuk membangun bagi kepentingan masyarakat, tanamkanlah pula tradisi untuk melestarikan bhakti para TNI pada masyarakat. Sungguh segala kekuasaan ada pada genggaman-Mu, karena itu hanya kepada-Mu kami memohon dan hanya kepada-Mu kami memuji.

Ya Allah, Tuhan ya qodir, Engkau Maha Kuasa menjadikan sesuatu dari tiada menjadi ada, yang buruk menjadi baik, suatu yang baik menjadi buruk, Engkau berkuasa menghancurkan segala yang ada. Kami berlindung pada-Mu ya Allah, berilah kami ampunan. Curahkanlah rahmat kepada kami, sebagaimana rahmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepada orang-orang sebelum kami, agar kami terhindar dari segala mara bahaya dan bencana.

Ya Allah jadikanlah setiap musibah yang menimpa kami dan saudara-saudara kami, dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kepada-Mu. Kami yakin ya Allah segala yang Engkau ciptakan tidak akan sia-sia, karena itu di balik musibah ada hikmahnya, karena itu jadikanlah kesabaran sebagai nafas hidup kami. Agar jiwa dan hati kami selalu terpaut kepada-Mu.

Ya Allah ya ghaffar, ampunilah dosa kami, orang tua kami, dosa para pemimpin kami, muliakanlah ya Allah kedatangan mereka disisi-Mu, amin.

ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الاخرة حسنة وقنا عذاب النار, وصل الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم والحمدلله رب العالمين.

Anda sedang membaca artikel dari untajiaffan Terbaru hari ini. Mohon untuk membagikan artikel ini ke teman anda melalui sosial media dibawah ini.

Artikel Untajiaffan Lainnya:



Kotak Komentar