Do'a Penutupan Bulan Bhakti Gotong Royong dan PKK


Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Kesatuan Gerak PKK telah melakukan bhakti dan segera diadakan penutupan. Namun bukan berarti setelah ditutup dengan kegiatan ceremonial, bukan berarti di masyarakat tidak ada gotong royong lagi. Namun sesungguhnya secara formal memang ditutup namun jiwa dan semangat senantiasa tumbuh dan berkembang, demikian kesatuan gerak PKK. Karena manusia makhluk yang dhoif maka sudah sepatutnya selalu memohon kepada Allah agar selalu diberikan petunjuk dan kekuatan untuk melakukan kegiatan-kegiatan sebagaimana pada bulan bhakti gotong royong. Demikian contoh teks do'a:

َالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبَّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًايُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍوَعَلَى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَللَّهُمَّ أَخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَأَكْرِمْنَا بِنُوْرِ الْفَهْمِ, وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَةِ الْعِلْمِ وَسَهِّلْ لَناَ أَبْوَابَ فَضْلِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.


Ya Allah, ya Rahman ya Rahim, ditangan-Mu segala puji, maka hanya kepada-Mu kami mengucapkan pujian dan menumpahkan rasa syukur. Disebagian dari kenikmatan yang Engkau berikan sehingga kami dapat mengikuti kegiatan penutupan Bulan Bhakti Gotong Royong ke-10 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-41 Kabupaten Wonosobo tahun 2013, dalam keadaan tenteram, damai dan sejahtara.

Ya Allah, ya Qadiru ya Azis, tumbuhkanlah selalu kepada hamba-Mu semangat bergotong royong, bahu-membahu, guna mewujudkan rasa kebersamaan, persatuan, kepedulian sosial serta jiwa empati. Berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Mudahkanlah urusan hamba-Mu yang selalu berpegang pada sunnah-Mu. Karena Engkaulah sebaik-baik pemberi petunjuk.

Ya Allah terangilah hati dan fikiran kami dengan nur hidayah-Mu, agar setiap langkah kami selalu berada dalam naungan ridha-Mu. Jauhkanlah dari kami, segala perilaku yang tidak terpuji. Perilaku yang akan mendatangkan murka-Mu. Jauhkan pula ya Allah sifat riya’, tamak dan ujub.
Karena itu, hanya kepada-Mu kami memohon dan hanya kepada-Mu kami berserah diri.

Ya Allah ya Rahman ya Rahim, Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang. Limpahkanlah selalu kasih dan sayang-Mu kepada kami. Dan jadikanlah kami semua untuk menjadi hamba-Mu yang pandai bersyukur. Karena sungguh nikmat dan karunia-Mu tiada terhingga, Engkau Tuhan yang maha adil dan bijaksana.

Tanamkan kepada kami untuk selalu membangun diri, konsisitensi menegakkan sunnah-Mu, wujudkan keikhlasan pada kami. Kami yakin ya Allah, dengan ikhlas segala perbuatan akan terasa ringan. Tiada yang kami harapkan kecuali hanya ridha dan ampunan-Mu.

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ


"Ya Tuhan kami terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkaulah yang Maha mendengar lagi Maha Mengetahui". Dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.


رَبَّنَا اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاٰ خِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ, وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Anda sedang membaca artikel dari untajiaffan Terbaru hari ini. Mohon untuk membagikan artikel ini ke teman anda melalui sosial media dibawah ini.

Artikel Untajiaffan Lainnya:



Kotak Komentar